Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada, Ini Gejala Diabetes yang Sering Terabaikan

Terkadang, kita sering tidak menyadari bahwa pola hidup kita tidak sehat, dan kemudian juga tidak menyadari sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh kita.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  14:20 WIB
Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa
Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula atau glukosa dalam darah. Banyaknya glukosa dalam darah yang tidak diserap tubuh akan menimbulkan berbagai gangguan dalam organ tubuh.

Biasanya pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh sehingga sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Diabetes pun bisa didapatkan ketika pola hidup mulai tidak teratur, seperti dikutip Alo Dokter pada Selasa (5/12/2020), beberapa faktor pemicu diabetes diantaranya, kelebihan berat badan, memiliki keluarga dengan riwayat diabetes, kurang aktif, dan lainnya.

Terkadang, kita sering tidak menyadari bahwa pola hidup kita tidak sehat, dan kemudian juga tidak menyadari sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh kita.

Bisnis mengumpulkan beberapa sumber pada Selasa (5/12/2020), berikut beberapa gejala yang dialami penderita diabetes yang sering tidak disadari.

1. Lemas.

2. Sering merasa haus.

3. Sering merasa lapar.

4. Berat badan turun tanpa sebab.

5. Berkurangnya massa otot.

6. Sering buang air kecil, terutama di malam hari.

7. Terdapat keton dalam urine. Keton adalah produk sisa dari pemecahan otot dan lemak akibat tubuh tidak dapat menggunakan gula sebagai sumber energi.

8. Pandangan kabur.

9. Luka yang lama sembuh.

10. Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih, yang banyak terjadi pada wanita.

11. Mulut kering.

12. Rasa terbakar, kaku, dan nyeri pada kaki.

13. Gatal-gatal, biasa terjadi pada wanita.

14. Disfungsi ereksi atau impotensi.

15. Mudah tersinggung.

16. Munculnya bercak-bercak hitam di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan, (akantosis nigrikans) sebagai tanda terjadinya resistensi insulin.

Jika Anda mengalami beberapa dari gejala ini segera periksakan diri ke dokter. Penyakit ini pun bisa dikendalikan dengan mengatur pola hidup yang sehat, misalnya mengatur makanan yang dikonsumsi, dan juga rajin berolahraga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top