Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kiat Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Jangka Panjang

Ketika bekerja dengan baik, sistem kekebalan Anda adalah pertahanan internal melawan kuman dan infeksi berbahaya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  10:22 WIB
Ilustrasi - Codyapp
Ilustrasi - Codyapp

Bisnis.com, JAKARTA - Di masa pandemi ini, sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah tertular virus corona.

Ketika bekerja dengan baik, sistem kekebalan Anda adalah pertahanan internal melawan kuman dan infeksi berbahaya. Namun, membangun sistem kekebalan yang kuat tidak terjadi dalam semalam.

Faktanya, memperkuat sistem kekebalan Anda dapat memakan waktu berminggu-minggu, menurut Tulip Jhaveri, MD, seorang rekan mikrobiologi medis di Brigham dan Rumah Sakit Wanita yang berspesialisasi dalam penyakit menular.

Anda tidak dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda dalam semalam, tetapi Anda dapat memperkuatnya dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana.

Jika dilakukan secara konsisten selama beberapa minggu, minum banyak air, cukup tidur, serta mengonsumsi suplemen vitamin C dan seng dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Beberapa produk mungkin mengklaim dapat meningkatkan kekebalan Anda dengan cepat, tetapi mempertahankan gaya hidup sehat adalah satu-satunya cara untuk memperkuat sistem kekebalan Anda dalam jangka panjang.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda dengan cepat, Anda perlu membuat rencana ke depan dan secara konsisten mengikuti beberapa pedoman umum setidaknya selama beberapa minggu.

Bisakah Anda meningkatkan sistem kekebalan Anda dalam 24 jam?

Jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah, Anda tidak akan dapat membuat perubahan yang wajar dalam 24 jam.

Sistem kekebalan adalah sistem kompleks yang membutuhkan banyak bagian kerja yang berbeda. Karena itu, "tidak ada cara cepat untuk memperbaikinya," kata Jhaveri.

Konon, jika Anda mencari cara tercepat untuk memberikan sistem kekebalan Anda kesempatan terbaik untuk mencegah infeksi, Jhaveri mengatakan bahwa minum banyak air dan cukup tidur sangat penting.

Tetapi penting untuk dicatat bahwa, "biasanya diperlukan waktu berminggu-minggu intervensi teratur untuk mendapatkan dampak," kata Jhaveri.

Bagaimana memperkuat sistem kekebalan Anda

Berikut lima cara untuk meningkatkan kekebalan Anda dilansir dari Insider:

1. Minum banyak air

"Minum banyak air sebelum penerbangan penting karena semakin tinggi ketinggian, semakin banyak kelembapan turun, menyebabkan banyak kehilangan cairan," kata Jhaveri.

Agar berfungsi dengan baik, sistem kekebalan Anda sangat bergantung pada nutrisi dalam aliran darah Anda, yang sebagian besar terdiri dari air. Tanpa air, sel dan jaringan sistem kekebalan Anda tidak menerima nutrisi yang mereka butuhkan. Sistem kekebalan Anda juga bergantung pada air untuk mengeluarkan kuman dan bahan limbah.

Jumlah air yang Anda butuhkan bisa bermacam-macam; namun Anda harus berusaha untuk minum cairan secara teratur sepanjang hari.

2. Tidur yang cukup

“Tidur juga sangat penting karena memungkinkan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri dan bersiap untuk hari berikutnya,” kata Jhaveri.

Menurut sebuah studi tahun 2017, kurang tidur membuat tubuh Anda rentan terhadap banyak agen infeksi. Anda harus berusaha tidur nyenyak selama tujuh hingga delapan jam setiap malam untuk membantu meningkatkan kekebalan.

Jika Anda akan melakukan perjalanan, Jhaveri merekomendasikan untuk menghindari kafein tepat sebelum dan selama penerbangan Anda karena dapat membuat dehidrasi dan mengganggu jadwal tidur Anda.

3. Olahraga

Berolahraga dapat membantu mengeluarkan kuman dari paru-paru dan saluran udara Anda, sehingga mengurangi kemungkinan Anda sakit. Ini juga merangsang sistem kekebalan Anda dan melawan hormon stres yang dapat membuat Anda sakit.

Jika Anda bisa, cobalah dan lakukan olahraga sedang atau berat selama 60 menit beberapa hari seminggu selama beberapa minggu. Anda dapat memilih jalan cepat atau bersepeda di sekitar lingkungan Anda.

4. Konsumsi vitamin C dan seng

Baik vitamin C dan seng meningkatkan pertahanan Anda terhadap patogen dan sangat penting untuk kekebalan Anda.

Kekurangan kedua nutrisi ini dikaitkan dengan kasus beberapa penyakit yang lebih sering dan lebih parah, termasuk malaria, diare, flu biasa, pneumonia, dan infeksi saluran pernapasan lainnya.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda tentang apakah Anda memerlukan suplemen ini dan dosis apa yang sesuai untuk Anda.

5. Makan kaldu tulang

Sup ayam yang dibuat dengan kaldu tulang dapat membantu membersihkan saluran pernapasan dan mengurangi peradangan, ditambah lagi itu adalah sumber protein yang cukup baik, menurut Harvard Medical School.

Meskipun kaldu tulang adalah sedikit tren dan bukti belum secara pasti menunjukkan manfaatnya, protein adalah nutrisi penting untuk kekebalan karena sangat penting untuk fungsi sel-T Anda, yang merupakan jenis sel darah putih yang berperan. peran utama dalam respons imun Anda.

Solusi jangka panjang untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda

Untuk mempertahankan sistem kekebalan yang kuat dalam jangka panjang, penting untuk menjalani gaya hidup sehat. Jhaveri merekomendasikan hal berikut:

1. Pola makan yang sehat dan seimbang:

Mendapatkan semua nutrisi dan energi yang Anda butuhkan dapat membantu memastikan bahwa semua sel Anda, termasuk yang membentuk sistem kekebalan Anda, berfungsi dengan baik. Jhaveri secara pribadi menyarankan pola makan nabati yang berfokus pada makanan utuh, karena selain meningkatkan kekebalan, juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

2. Olahraga teratur

Olahraga merangsang sistem kekebalan Anda dan meningkatkan kemampuannya untuk melawan penyakit menular akibat virus, menurut sebuah studi tahun 2020. "Anda dapat memulai dengan jalan cepat selama 30 menit tiga kali seminggu, kemudian ditingkatkan menjadi setiap hari," kata Jhaveri. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan olahraga 150 menit per minggu.

3. Kelola stres

Stres menekan sistem kekebalan Anda dan meningkatkan risiko penyakit. "Meditasi, berhubungan dengan keluarga dan teman (secara virtual, jika perlu), mempraktikkan kebersihan tidur yang baik, dan mengembangkan serta mengikuti jadwal yang ditetapkan dapat membantu mengurangi tingkat stres Anda," kata Jhaveri.

4. Hindari alkohol

Alkohol mengganggu sistem kekebalan Anda dan membuatnya kurang efektif dalam melawan infeksi. Jhaveri merekomendasikan untuk menghilangkan alkohol dari makanan Anda sama sekali, jika memungkinkan.

5. Tidak merokok

Seperti alkohol, merokok juga merusak sistem kekebalan Anda.

Seperti sistem lain di tubuh Anda, sistem kekebalan Anda adalah jaringan proses kompleks yang bekerja paling baik bila Anda memberinya cukup energi dan nutrisi untuk berfungsi.

Sementara beberapa produk mengklaim dapat meningkatkan kekebalan Anda dengan cepat, strategi yang paling efektif adalah mempertahankan gaya hidup sehat secara konsisten dengan makan makanan yang seimbang, berolahraga secara teratur, mengurangi stres, dan menghindari alkohol dan merokok.

Faktanya, menurut Jhaveri, bahkan multivitamin dan multiminerals memiliki manfaat minimal atau tidak sama sekali dalam meningkatkan kekebalan seperti yang pernah diyakini - keduanya adalah suplemen, bukan pengganti diet yang seimbang.

"Cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan Anda sebelum naik pesawat, atau situasi berisiko tinggi lainnya, adalah memulai kebiasaan sehat tersebut - hidrasi, nutrisi, tidur, dan olahraga adalah pilihan terbaik Anda.

Dan yang terpenting, jaga kebersihan yang baik: Anda dapat mengikuti panduan CDC berikut untuk melindungi diri Anda dan orang lain dari infeksi:

1. Hindari kontak dekat dengan orang-orang, terutama jika mereka sedang tidak sehat.

2. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air, atau bersihkan dengan larutan berbasis alkohol.

3. Hindari menyentuh wajah Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Imunitas tubuh
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top