Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usai Vaksinasi Virus Corona, Masyarakat Wajib Disiplin Protokol Kesehatan

Vaksin virus corona (Covid-19) yang diciptakan secara dadakan dan tersedia di dunia bertujuan untuk mengurangi risiko infeksi berat.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  16:13 WIB
Mencuci tangan pakai sabun dan memakai masker wajib dilaksanakan usai mendapatkan vaksin virus corona (Covid-19). - Freepik
Mencuci tangan pakai sabun dan memakai masker wajib dilaksanakan usai mendapatkan vaksin virus corona (Covid-19). - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Disiplin saat menjalankan protokol kesehatan menjadi penting usai mendapatkan vaksin virus corona (Covid-19).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (UNS) Tonang Dwi Ardyanto mengungkapkan bahkan vaksin Covid-19 tidak akan berfungsi maksimal jika penerima vaksi tidak taat melaksanakan protokol kesehatan.

"Misalnya, dari 100 orang yang divaksin, bisa saja lebih dari 95 orang berhasil asal disiplin protokol kesehatan. Tapi, isa juga lebih dari 35 orang kena Covid-19 bergejala, bila tidak disiplin," ungkapnya, Selasa (19/1/2021).

Dia menuturkan bahwa cuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak menjadi kunci penting usai mendapatkan vaksinasi Covid-19. Menurutnya, target uji klinik vaksin Corona saat ini adalah pada tingkat mencegah timbulnya gejala berat sehingga mengurangi kematian di Indonesia.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) efek samping yang umum terdapat di lengan tempat Anda mendapat suntikan. Akan muncul rasa sakit atau pembengkakan. Anda juga bisa merasakan demam, panas dingin, kelelahan, dan sakit kepala.

Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan saat Anda mendapat suntikan, CDC menyarankan agar mengoleskan waslap bersih, dingin, dan basah ke area tersebut. Juga, gunakan atau latih lengan Anda.

Untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat demam sebaiknya minum banyak cairan dan memakai pakaian yang tipis.

Dalam kebanyakan kasus, ketidaknyamanan akibat demam atau nyeri adalah normal. Namun jika kemerahan atau nyeri di tempat mendapat suntikan meningkat setelah 24 jam dan muncul efek samping yang lebih parah atau tidak kunjung hilang, sebaiknya segera menghubungi dokter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan Vaksin Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top