Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Segini Kalori yang Terbakar dengan Berjalan Kaki 10.000 Langkah per Hari

Tetapi apakah berjalan 10.000 langkah sehari cukup? 10.000 langkah sehari ini disebutkan baik untuk kesehatan. Lantas berapa sebenarnya kalori yang terbakar dengan berjalan 10.000 langkah sehari?
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  18:14 WIB
Pejalan kaki - istimewa
Pejalan kaki - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ide berjalan 10.000 langkah per hari berawal pada tahun 1965 ketika sebuah perusahaan Jepang mengembangkan alat pengukur langkah yang disebut 'Manpo-Kei', yang berarti '10.000 langkah meter '.

Tetapi apakah berjalan 10.000 langkah sehari cukup? 10.000 langkah sehari ini disebutkan baik untuk kesehatan. Lantas berapa sebenarnya kalori yang terbakar dengan berjalan 10.000 langkah sehari?

Kebanyakan orang membakar sekitar 30-40 kalori per 1.000 langkah, yang berarti mereka akan membakar sekitar 300-400 kalori dengan berjalan 10.000 langkah. Tapi ini hanya perkiraan. Meskipun setiap langkah yang Anda lakukan membakar kalori, jumlah pastinya sangat tergantung pada individu yang melakukannya.

Kalori yang terbakar tergantung pada berat badan, tinggi badan, tingkat kebugaran, kecepatan, dan area tempat Anda berjalan.

Olahraga teratur penting dilakukan untuk menjaga berat badan yang sehat. Sesuai dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, orang harus menargetkan untuk mencapai 150 menit olahraga sedang hingga intens per minggu, yang dapat mencakup berjalan juga. Rekomendasi lain untuk ini adalah berjalan kaki 10.000 langkah sehari.

Untuk mendapatkan pengukuran yang lebih akurat tentang kalori yang terbakar dengan berjalan kaki 10.000 langkah, para ahli merekomendasikan untuk menggunakan pengukuran yang disebut dengan metabolic equivalent (METs). Satu MET adalah jumlah energi yang digunakan saat kita duduk diam.

Jalan cepat dengan kecepatan lebih dari 3 mil dalam satu jam adalah sekitar 3,5 MET sementara berjalan menanjak sekitar 6 MET. Berikut kegiatan yang dilakukan orang dan MET yang digunakan

Tidak berkegiatan menggunakan 1,5 MET atau lebih sedikit. Contohnya duduk, berbaring, atau berbaring.

Kegiatan ringan menggunakan 1,6-3,0 MET. Contohnya berjalan dengan santai atau mengantre di toko.

Kegiatan sedang menggunakan dari 3.0-6.0 MET. Contohnya berjalan cepat, menyedot debu, atau menyapu daun.

Kegiatan berat menggunakan mulai dari 6.0+ MET. Contohnya berjalan sangat cepat, berlari, mengikuti kelas aerobik.

Rumus: Pengeluaran energi (dalam kkal / menit) = 0,0175 x MET x berat (dalam kg)

Jadi, jika seseorang dengan berat 68 kilogram berjalan di permukaan datar dengan kecepatan 3 mph, menggunakan sekitar 3,5 MET, dia akan membakar sekitar 4 kalori per menit, yang berarti 400 kalori per jam.

Orang-orang saat ini menggunakan jam tangan pintar dan aplikasi yang berbeda untuk menghitung langkah dan kalori yang terbakar, tetapi selalu lebih baik untuk memeriksa ulang angkanya dengan persamaan yang diberikan di atas.

Langkah pertama untuk menurunkan berat badan adalah membuat defisit kalori, yang berarti membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Kebanyakan orang membutuhkan defisit kalori sekitar 500 kalori per hari untuk menurunkan setengah kilo per minggu.

Jadi, orang yang ingin menurunkan berat badan harus berolahraga setidaknya 150-200 menit per minggu dan berjalan 10.000 langkah per hari untuk mencapai tujuan penurunan berat badan mereka.

Menurut sebuah studi tahun 2018, orang yang berjalan 10.000 langkah sehari mengalami penurunan berat badan lebih banyak daripada orang yang berjalan 3.500 langkah per hari.

Berjalan adalah salah satu latihan teraman dan termudah. Tetapi jika Anda adalah seseorang yang tidak melakukan latihan apa pun, memulai dengan 10.000 sehari bisa jadi sulit.

Yang terbaik adalah tetap seaktif mungkin sebelum mencoba mencapai target 10.000 langkah per hari. Lansia dan orang yang kelebihan berat badan harus secara bertahap meningkatkan langkah mereka, menargetkan 1.000 langkah ekstra per hari setiap minggu sampai mereka mencapai tujuan mereka.

Sebaliknya, ketika orang terus-menerus mencapai target berjalan 10.000 langkah per hari, mereka harus menukar aktivitas berjalan dengan MET yang lebih tinggi, seperti joging atau berenang untuk membakar lebih banyak kalori.

Manfaat terbaik dari mengambil lebih banyak langkah per hari adalah juga dapat mengurangi kematian karena sebab apa pun.

Berjalan 10.000 langkah hanyalah slogan pasar dan tidak didukung oleh sains. Sesuai penelitian, lebih banyak gerakan, yang dapat diukur dengan lebih banyak langkah atau aktivitas fisik lainnya penting untuk kesehatan yang baik. Secara keseluruhan, menerapkan gaya hidup sehat dan tetap aktif setiap hari adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan secara sehat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan kalori
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top