Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awas, Ini Bahayanya Kehilangan Terlalu Banyak Berat Badan dalam Waktu Singkat

Tetapi, diet yang berakibat terlalu banyak berat badan bisa berbahaya untuk kesehatan apalagi dalam tempo yang sangat cepat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 15 Februari 2021  |  09:58 WIB
Diet Nordic - Istimewa
Diet Nordic - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Diet adalah hal lumrah yang banyak dilakukan orang untuk menurunkan berat badan.

Tetapi, diet yang berakibat terlalu banyak berat badan bisa berbahaya untuk kesehatan apalagi dalam tempo yang sangat cepat.

Tetapi jalan yang mudah dan cepat tidak selalu yang tepat. Penurunan berat badan, seperti yang kita semua tahu adalah proses yang kompleks dan tubuh kita membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Kehilangan terlalu banyak berat badan terlalu cepat atau mengambil tindakan ekstrim dapat membahayakan kesehatan Anda dan Anda mungkin mengalami beberapa efek samping yang tidak menyenangkan.

Ada terlalu banyak program diet dan olahraga yang menjanjikan hasil dalam semalam. Hal yang kebanyakan orang tidak pahami adalah rentang efek samping yang muncul seiring dengan penurunan berat badan. 

Berikut beberapa dampak berbahaya kehilangan berat badan yang banyak dalam waktu cepat seperti dilansir dari Times of India : 

1. Berat badan bisa kembali dengan cepat

Penurunan berat badan yang cepat seringkali tidak berkelanjutan dan kebanyakan orang mendapatkan kembali berat badan yang hilang setelah beberapa saat. Bahkan ada kemungkinan besar Anda bisa menambah berat badan lebih dari sebelumnya. Beberapa orang bahkan mencapai penurunan berat badan setelah kehilangan beberapa berat badan. Ini sebagian besar terjadi karena laju metabolisme yang lambat. Untuk mempertahankan penurunan berat badan Anda, penting untuk membuat perubahan yang sehat dalam pola makan dan kebiasaan gaya hidup Anda.

2. Bisa mengacaukan siklus menstruasi Anda

Penurunan berat badan yang tiba-tiba atau berlebihan dalam waktu singkat bahkan dapat mengacaukan hormon dan siklus bulanan Anda. Mengurangi asupan kalori harian Anda terlalu banyak dapat menghambat produksi hormon dalam tubuh yang diperlukan untuk ovulasi. Ini menunjukkan bahwa Anda kekurangan berat badan dan perlu menambah beberapa kilogram.

3. Dapat menyebabkan beberapa kekurangan nutrisi

Sebagian besar rencana diet penurunan berat badan trendi yang menjanjikan hasil cepat merekomendasikan perubahan drastis dalam kebiasaan diet seperti mengurangi seluruh kelompok makanan. Masalahnya adalah bahwa setiap makanan yang kita makan mengandung beberapa nutrisi dan mengurangi satu kelompok makanan sama sekali dapat menghilangkan beberapa nutrisi dasar dari tubuh Anda. Ini seiring waktu dapat menyebabkan kelemahan dan masalah kesehatan lainnya.

4. Bisa kehilangan massa otot

Menurunkan berat badan dengan cepat juga berarti Anda menurunkan jenis berat badan yang salah. Saat Anda mengonsumsi rendah kalori, tubuh Anda mungkin mulai merusak otot untuk mendapatkan energi. Kehilangan otot bukanlah cara yang tepat untuk menurunkan berat badan. Tujuan Anda adalah membangun lebih banyak otot karena otot itulah yang membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

5. Bisa membuat merasa tertekan

Perubahan dramatis dalam tubuh Anda bahkan dapat memengaruhi kesehatan mental Anda. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti, dari University College of London, orang yang kehilangan 5 persen atau lebih berat badannya 52 persen lebih mungkin untuk merasa tertekan setelahnya. Itu kebanyakan terjadi karena mengikuti diet ketat. Untuk menurunkan berat badan dalam semalam, seseorang perlu mengurangi jumlah kalori yang ekstrim dan bahkan menolak pertemuan sosial, yang dapat berdampak permanen pada kesehatan mental orang tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nutrisi diet
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top