Ginseng memiliki khasiat untuk menurunkan kadar gula darah/Istimewa
Health

Ini Obat Diabetes dari Bahan Alami

Newswire
Senin, 15 Februari 2021 - 19:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penderita diabetes wajib mengontrol gula darah secara rutin. Ada juga beberapa bahan alami yang berfungsi untuk menjaga kadar gula tetap normal.

Ada beberapa obat-obatan yang bisa digunakan untuk menjadi alternatif untuk mengontrol gula darah. Asosiasi Diabetes Amerika mengungkapkan bahwa tidak ada bukti ilmiah manfaat dari obat herbal dan

Mengutip Tempo, Senin (15/2/2021), pola makan kaya serat dan sayuran yang dikombinasikan dengan olahraga rutin bisa mengelola stres dan jauh lebih efektif untuk mengatasi diabetes.

Sebelum mencoba berbagai pengobatan alternatif atau suplemen, coba bicarakan dulu dengan dokter. Pasalnya, bisa saja suplemen tersebut berinteraksi negatif dengan obat-obatan yang dikonsumsi. Apalagi efek diabetes bisa merambat ke mata, liver, saraf, dan ginjal.

Bila tetap ingin mencari alternatif obat diabetes, coba beberapa bahan berikut, dilansir dari Very Well.

1. Ginseng

Banyak jenis ginseng, tapi yang diklaim terbaik adalah ginseng Amerika (Panax quinquefolius), yang sudah terbukti bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan glukosa puasa dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin di tubuh.

2. Magnesium

Mineral ini bisa ditemukan pada sayuran daun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian. Magnesium membantu menjaga kadar gula darah dan dibutuhkan bagi fungsi otot dan saraf yang normal, irama jantung, fungsi imun, tekanan darah, dan kesehatan tulang.

3. Kayu manis

Kayu manis terbukti mampu membantu menurunkan kadar glukosa dan lipid, termasuk trigliserida, kolesterol jahat (LDL), dan kolesterol total.

4. Lidah buaya

Meski lebih dikenal sebagai pengobatan kulit terbakar dan kondisi kulit lain, sebuah ulasan menyatakan gel lidah buaya bisa membantu orang dengan diabetes berkat kandungan aktif fitosterol pada tanaman tersebut yang bisa membantu kadar glukosa darah dan hemoglobin A1c.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro