Ilustrasi kakao
Health

Beragam Manfaat Kakao untuk Kecantikan Kulit, Termasuk Menghilangkan Stretch Marks

Rezha Hadyan
Senin, 22 Februari 2021 - 09:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain diolah menjadi berbagai jenis makanan maupun minuman, kakao selama ini juga diolah menjadi berbagai macam kosmetik dan produk perawatan kulit.

Lemak yang dihasilkan oleh biji kakao atau cocoa butter selain digunakan sebagai campuran atau bahan tambahan untuk membuat kue, ternyata dipakai juga dalam pembuatan kosmetik atau produk kecantikan. Bukan sebagai bahan tambahan, cocoa butter tak jarang digunakan sebagai kandungan utama.

Cocoa butter yang juga disebut sebagai minyak theobroma atau mentega kakao memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Manfaat tersebut tak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimiliki oleh cocoa butter.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan lewat kandungan cocoa butter dalam produk kosmetik atau perawatan kulit lainnya.

1. Memulihkan Kondisi Kulit

Rutin mengunakan kosmetik yang memiliki kandungan cocoa butter diyakini mampu mengembalikan kesehatan kulit Anda. Kandungan omega 3, omega 6, omega 9, vitamin E, vitamin K, seng, zat besi, dan lain-lain yang dimiliki oleh cocoa butter diyakini mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit akibat pengaruh buruk dari lingkungan, kurang jam tidur, dan stres.

Selain itu, dalam cocoa butter juga terkandung berbagai zat antioksidan, salah satunya adalah polifenol. Polifenol diyakini mampu mengurangi peradangan dan men-jaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultra violet, meningkatkan elastisitas kulit, hingga mencegah penuaan dini.

Produk perawatan kulit dengan kandungan cocoa butter diyakini mampu membantu menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, cocoa butter kaya akan asam lemak yang dapat membentuk lapisan pelindung kulit sehingga kelembapan tetap terjaga dan lebih elastis atau kenyal.

Kandungan asam lemak yang ada di cocoa butter juga sangat baik bagi orang-orang yang mengalami permasalahan kulit seperti eksim dan psoriasis lantaran tidak berisiko mengiritasi kulit mereka yang sensitif. Oleh karena itu, produk-produk kosmetik atau perawatan kulit yang mengandung cocoa butter seringkali diklaim aman bagi kulit sensitif.

3. Mencegah gurat-gurat kulit

Guratan-guratan pada kulit akibat peregangan (stretch marks) menjadi permasalahan kulit yang dialami pascamelahirkan atau mereka dengan berat badan berlebih atau obesitas. Cocoa butter dengan kemampuan menjaga kelembaban kulit diyakini dapat munculnya stretch marks.

Meski demikian, beberapa penelitian belum berhasil menemukan bukti efektivitas cocoa butter untuk mencegah stretch marks. Stretch marks diyakini akan menghilang dengan sendirinya atau menjadi samar seiring dengan berjalannya waktu.

Namun, tak ada salahnya juga untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan cocoa butter untuk mempercepat proses mengihilangkan stretch marks yang tentunya memerlukan waktu cukup panjang.

4. Meredakan ruam dan luka bakar

Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh cocoa butter ternyata mampu meredakan ruam-ruam atau mengobati luka bakar di kulit. Namun, untuk mengatasi dua masalah tersebut, harus dipastikan produk yang dipakai tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi seperti alkohol atau pengharum artfisial.

5. Mengusir kantung mata

Kandungan berbagai macam nutrisi yang dimiliki oleh cocoa butter, ternyata mampu mengatasi permasalahan kantung mata menghitam atau mata panda akibat kurang istirahat. Untuk menghilangkan kantung mata, gunakan produk yang mengandung cocoa butter sebagai krim mata.

Namun, prosesnya tentu saja tidak bisa instan. Krim tersebut harus digunakan setiap hari secara rutin agar kantung mata yang menghitam memudar perlahan-lahan.

6. Mengobati bibir pecah-pecah

Cocoa butter juga dapat diaplikasikan pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Menggunakannya mudah saja, karena banyak produk lip balm yang tersedia di pasaran menjadikan cocoa butter sebagai bahan utamanya.

Penggunaan cocoa butter untuk mengatasi bibir pecah-pecah tak terlepas dari kandungan asam lemak yang mampu menjaga kelembaban kulit. Bibir yang rutin dioleskan produk dengan kandungan cocoa butter diyakini akan jauh lebih kenyal dan terlihat segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro