Vitamin C bisa didapat dari berbagai sumber, khususnya buah-buahan. /Bisnis.com
Health

Kenali 6 Manfaat Vitamin C untuk Perempuan

Laurensia Felise
Senin, 8 Maret 2021 - 17:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tuntutan hidup dan pekerjaan yang semakin banyak dan bervariasi membuat perempuan cenderung tidak menyadari kondisi kesehatan dan kurang menjaga konsumsi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, salah satunya vitamin C.

Vitamin C yang merupakan vitamin yang mudah larut dalam air sehingga menjadikannya wajib untuk dikonsumsi setiap harinya demi menjaga kesehatan tubuh dengan jumlah harian yang disarankan oleh para ahli gizi. Akan tetapi, seringkali vitamin C kurang terpenuhi dalam tubuh karena berbagai faktor mulai dari gaya hidup yang kurang sehat hingga berbagai penyakit dalam tubuh.

Vitamin ini bisa didapat dari berbagai sumber makanan seperti buah-buahan sitrus (jeruk, lemon, dan sebagainya), tomat dan sari tomat, kentang, paprika merah dan hijau, buah kiwi, brokoli, stroberi, dan lain-lain. Selain makanan, vitamin C juga bisa didapat melalui konsumsi suplemen dalam berbagai bentuk mulai dari tablet sampai permen kenyal.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa manfaat vitamin C bagi tubuh.

1. Antioksidan Penting dalam Produksi Kolagen

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dibutuhkan dalam pembentukan dan menjaga arteriol, jaringan bekas luka, dan tulang rawan. Tidak hanya itu, ia juga berperan dalam pembentukan kolagen yang mampu mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan.

2. Nutrisi selama Kehamilan dan Laktasi

Salah satu nutrisi yang penting dalam meningkatkan kesehatan selama kehamilan dan laktasi adalah vitamin C, sebab vitamin ini sangat diperlukan bagi perkembangan janin dan kebutuhannya yang harus dipenuhi bagi ibu maupun janin di dalamnya.
Tidak hanya itu, konsumsi vitamin C penting untuk mengatasi dan menurunkan risiko komplikasi dalam kehamilan dan.

3. Mengurangi Stres dan Hipertensi

Vitamin C dapat membantu seseorang dalam menghadapi stres secara fisik dan emosional serta mengurangi tingkat hormon stres dalam tubuh. Stres dapat berdampak pada berbagai proses dalam tubuh mulai dari siklus menstruasi sampai fungsi imun.

Selain stres, hipertensi juga menjadi salah satu penyakit yang dapat diatasi dengan konsumsi vitamin C karena dampak jangka panjang pada penyakit ini bisa berdampak pada tingginya risiko penyakit kardiovaskuler.

4. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Konsumsi vitamin C bisa membantu dalam penyerapan zat besi, di mana vitamin ini bisa mengubah zat besi yang sedikit diserap dalam tubuh menjadi zat yang mudah untuk diserap tubuh. Dampaknya adalah berkurangnya risiko anemia bagi mereka yang rentan terhadap kekurangan zat besi.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Vitamin C memiliki keterkaitan dengan pengurangan risiko penyakit jantung dan dikenal dapat menurunkan dampak dari penyakit tersebut seperti tingginya kadar darah akibat kolestrol jahat dan trigliserida.

6. Membantu Kelancaran Menstruasi

Peningkatan tingkat estrogen dan menurunnya tingkat progesteron merupakan dampak dari konsumsi vitamin C. Inilah yang menyebabkan rahim berkontraksi dan rusaknya lapisan rahim sehingga terjadi menstruasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Laurensia Felise
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro