Mengonsumi sayuran bisa meningkatkan imun tubuh/mogreenjuice.com
Health

Simak 5 Cara Membangun Sistem Imun Tubuh

Hanafi Nurmahdi
Rabu, 24 Maret 2021 - 10:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sistem imun yang baik akan membuat tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit dan virus corona (Covid-19).

Sistem imun bisa melawan virus yang berbahaya bagi tubuh manusia. Dengan meningkatkan atau mempertahankan sistem imun tubuh, maka setidaknya manusia bisa terhindar dari segala jenis penyakit, yang berasal dari virus dan kuman.

Seiring bertambahnya usia, maka kemampuan respons kekebalan tubuh manusia juga berkurang dan bisa terkena stroke atau yang lebih parah kanker. Berikut tips gaya hidup sehat:

1. Jangan merokok

Berhentilah merokok. Kandungan zat berbahaya dalam rokok bisa membuat sistem daya tahan tubuh kita melemah. Asap rokok mengandung tar dan zat kimia lain yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, bagian ini tidak bisa bekerja maksimal untuk melawan infeksi yang masuk. Hal ini membuat Anda lebih rentan terkena berbagai penyakit bahkan yang ringan sekali pun.

Melemahnya sistem kekebalan tubuh juga membuat Anda menjadi lebih rentan terkena penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis atau rematik.

2. Berhenti mengonsumsi alkohol

Minum alkohol secara berlebihan justru dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh karena mengganggu saluran pencernaan dan menyebabkan peradangan hati. Penting untuk dipahami bahwa mengonsumsi alkohol dalam jumlah berapapun berbahaya bagi tubuh.

3. Tidur yang cukup

Tubuh memerlukan waktu membangun kekuatan untuk mengatasi peradangan dan infeksi selama kita tidur. Durasi tidur memang berbeda bagi setiap orang. Perlu diketahui bahwa kita memerlukan tidur 6-8 jam sehari.

cara tingkatkana imun tubuh tips tidur
cara tingkatkana imun tubuh tips tidur

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kemampuannya untuk menciptakan antibodi dan sel-T, yakni sel darah putih yang membantu tubuh melawan penyakit.

Malas berolahraga akan membuat tubuh hanya menghasilkan antibodi yang sedikit. Maka dari itu, luangkan sedikit waktu yang kamu punya untuk berolahraga ya. Kamu bisa juga berjalan kaki 20 menit saja. Berjalan kaki selama 20 menit dalam lima hari seminggu dapat membantu sistem kekebalan tubuh agar bekerja sebaik mungkin.

5. Makan buah dan sayur

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran dan buah tentunya dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Dengan begitu, daya tahan tubuh pun ikut terjaga dan terhindar dari infeksi penyakit.

Pastikan juga proporsi antara karbohidrat, protein, sayur dan buah seimbang. Kurangi juga kebiasan buruk seperti tingkat stress yang tinggi, yang akhirnya lama-kelamaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk melakukan hobi, aktif bersosialisasi, dan lakukan teknik relaksasi untuk meredakan stres. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog untuk mengatasi stres yang Anda alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro