Ilustrasi sarapan/Antara
Health

Sarapan Sebelum 08.30 Pagi Bisa Kurangi Risiko Diabetes tipe 2

Luke Andaresta
Selasa, 30 Maret 2021 - 19:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Orang yang mulai makan sebelum 8.30 pagi memiliki kadar gula darah dan resistensi insulin yang lebih rendah dan dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan secara virtual di ENDO 2021, pertemuan tahunan Masyarakat Endokrin.

Resistensi insulin dan kadar gula tinggi memengaruhi metabolisme seseorang, memecah makanan menjadi komponen yang lebih sederhana; protein, karbohidrat (atau gula), dan lemak. Gangguan metabolisme seperti diabetes terjadi ketika proses normal ini terganggu.

Melansir Medical Express, studi sebelumnya telah menemukan bahwa makan dengan batasan waktu atau jangka waktu yang dipersingkat setiap hari, secara konsisten menunjukkan peningkatan kesehatan metabolik.

“Dengan meningkatnya gangguan metabolisme seperti diabetes, kami ingin memperluas pemahaman kami tentang strategi nutrisi untuk membantu mengatasi masalah yang terus berkembang ini,” kata peneliti utama Marriam Ali dikutip Bisnis, Selasa (30/3).

Para peneliti menganalisis data dari 10.575 orang dewasa yang berpartisipasi dalam Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional. Mereka membagi peserta menjadi tiga kelompok tergantung pada total durasi asupan makanan; kurang dari 10 jam, 10-13 jam, dan lebih dari 13 jam per hari. Mereka kemudian membuat enam sub kelompok berdasarkan waktu mulai makan (sebelum atau setelah 8.30 pagi).

Hasil penelitian tersebut menunjukkan resistensi insulin lebih tinggi dengan durasi jarak makan yang lebih pendek, tetapi lebih rendah di semua kelompok dengan waktu mulai makan sebelum 8.30 pagi

“Penemuan ini menunjukkan bahwa waktu lebih terkait erat dengan ukuran metabolisme daripada durasi, dan mendukung strategi makan lebih awal,” kata Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro