Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Jenis Tumor Otak dan Penyebabnya

Pertambahan usia menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 April 2021  |  11:45 WIB
Ilustrasi tumor otak - Istimewa
Ilustrasi tumor otak - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tumor otak berdasarkan penyebabnya terbagi menjadi primer dan sekunder.

Secara primer, tumor otak dapat muncul akibat pertumbuhan sel abnormal pada otak itu sendiri. Secara sekunder tumor dapat disebabkan oleh penyebaran kanker dari organ tubuh lainnya.

Pada jenis primer tumor otak, sel atau jaringan abnormal bisa berasal dari sel glia, meninges, kelenjar pituitari, kelenjar pineal, atau sel dan jaringan lainnya.

Sementara, pada jenis sekunder atau metastatis, sel tumor bisa berasal dari bagian tubuh lainnya, seperti payudara, usus besar, paru-paru, ginjal, dan kulit.

Namun, diketahui ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ini. Walaupun seseorang yang terkena tumor pun bisa saja memiliki faktor risiko yang tidak diketahui.

Pertambahan usia menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit ini, mengingat penyakit ini lebih sering ditemukan pada orangtua, meskipun segala usia juga bisa mengalaminya.

Kemudian, seseorang yang pernah terkena radiasi ionisasi, seperti terapi radiasi untuk mengatasi kanker atau radiasi dari bom atom, dirinya memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit ini.

Lalu, penyakit ini juga terjadi karena faktor keturunan.

Sebagian kecil penyakit tumor ini terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit sama atau kelainan genetik tertentu.

Walaupun penyebab dari penyakit tumor otak ini belum diketahui, kita bisa menurunkan risiko penyakit ini dengan menghindari berbagai faktor risiko yang mungkin bisa menyebabkannya.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker tumor

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top