Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Makanan yang Baik Untuk Otot dan Bisa Cegah Osteoporosis

Makanan mengandung kalium memiliki manfaat bagi kesehatan otot, membangun protein hingga mencegah osteoporosis.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 05 April 2021  |  11:26 WIB
Ada beberapa makanan yang bisa mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) - Istimewa
Ada beberapa makanan yang bisa mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kalium termasuk sebagai salah satu jenis elektrolit yang diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Kalium atau potasium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalium berperan dalam memecah dan memanfaatkan karbohidrat, membangun protein, membentuk otot, menjaga pertumbuhan yang normal, dan mengontrol keseimbangan asam basa tubuh.

Menurut Amy Shapiro, pendiri Real Nutrition dalam laman realsimple.com menjelaskan “kalium membantu banyak proses dalam tubuh, termasuk mengatur aliran air masuk dan keluar sel, mengirim sinyal saraf, dan mengendalikan kontraksi otot.”

Kalium juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko stroke, dan mencegah batu ginjal serta osteoporosis. Berikut 7 makanan yang dipercaya mengandung kalium:

1. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan yang kaya akan serat, vitamin, asam dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Satu buah alpukat berukuran sedang dapat menyediakan setidaknya 20 persen dari jumlah kalium harian.

2. Ubi Jalar

Menurut Shapiro, ubi jalar mengandung banyak vitamin A untuk kesehatan mata serta kulit. Ubi jalar yang berukuran besar mampu menghasilkan 18 persen dari nilai kebutuhan kalium harian.

3. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki potasium tinggi. 180gr bayam yang dimasak dapat menyediakan 18 persen kandungan kalium. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan berbagai nutrisi lainnya.

bayam baik untuk kesehatan tubuh, manfaat baya osteoporosis otot

4. Semangka

Menurut Shapiro, semangka mengandung antioksidan yang mengurangi risiko kanker tertentu. Selain itu, 1/8 buah semangka juga mengandung 14 persen kebutuhan kalium harian ditambah dengan vitamin A, vitamin C, dan serat.

manfaat semangka, baik untuk otot

5. Kacang Polong

Kacang-kacangan adalah salah satu makanan sumber kalium terbaik termasuk juga kacang putih dan kacang polong. Tidak hanya kaya akan protein dan serat nabati, dalam satu cangkir kacang polong terdapat 18 persen dari jumlah yang disarankan untuk orang dewasa.

6. Aprikot

Aprikot kering adalah camilan yang mengandung sekitar 10 persen dari kebutuhan harian manusia akan kalium.

7. Delima

Delima adalah buah manis yang sarat dengan manfaat kesehatan jantung, antioksidan, dan banyak serat. Buah ini memenuhi lebih dari 14 persen kebutuhan kalium harian.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

osteoporosis tips sehat makanan sehat semangka
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top