Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

15 Lagu Baru IU Sukses Sapu Bersih Tangga Lagu Korea Selatan

IU berhasil menempatkan 16 lagu di 100 teratas di tangga lagu harian terbaru oleh layanan streaming Melon dan Genie Music yang diperbarui pada Sabtu (3/4/2021), termasuk 10 lagu dari album barunya "Lilac."
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 05 April 2021  |  10:35 WIB
IU - Soompi
IU - Soompi

Bisnis.com, JAKARTA - Penyanyi K-pop IU berhasil menyapu tangga musik utama di Korea Selatan dengan lebih dari 15 lagu dari album terbarunya di kategori 100 teratas secara bersamaan.

Melansir The Korea Times pada Senin (5/4/2021), penyanyi solo berusia 28 tahun itu menempatkan 16 lagu di 100 teratas di tangga lagu harian terbaru oleh layanan streaming Melon dan Genie Music yang diperbarui pada Sabtu (3/4/2021), termasuk 10 lagu dari album barunya "Lilac."

"Lilac", lagu utama dari album studio barunya yang juga berjudul "Lilac," menduduki puncak kedua tangga lagu, diikuti oleh "Selebriti" yang telah dirilis sebelumnya di No. 3. "Coin," "Hi Spring Bye" dan "Flu," semuanya dari album studio kelimanya, juga menempati posisi 10 teratas di kedua tangga lagu.

"Hold My Hand," lagu yang ditulis sendiri oleh penyanyi itu yang dirilis pada tahun 2011, masing-masing berada di posisi 7 dan 11 di tangga lagu Melon dan Genie Music. Kolaborasi profil tinggi tahun 2020 antara ratu K-pop dan Suga BTS, "Eight," menduduki peringkat No. 20 di tangga lagu, hampir satu tahun setelah dirilis.

Di tangga lagu Melon, bahkan nomor musim semi 2014 miliknya "Bukan Musim Semi, Cinta, atau Bunga Sakura" berada di peringkat ke-89.

Pakar budaya pop mengatakan dominasi hit masa lalu dan masa kini seorang musisi di tangga lagu musik sangat menonjol, bahkan dibandingkan dengan kesuksesan grup K-pop boy dan girl grup di tangga musik.

Didukung oleh dukungan terorganisir dari penggemar, grup K-pop sering menempatkan lagu mereka di posisi teratas di tangga musik waktu nyata, tetapi lagu terkadang turun lebih rendah dalam beberapa hari. IU, sementara itu, telah menyimpan lagu-lagunya - termasuk yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu - di tangga musik untuk waktu yang cukup lama.

"IU hampir satu-satunya penyanyi yang albumnya didengarkan publik sepenuhnya setelah dirilis dan memilih favorit mereka," kata kritikus musik Jung Min-jae.

Pendengar yang masih remaja dan berusia 20-an mungkin juga memainkan peran besar dalam fenomena ini karena mereka tumbuh dengan mendengarkan musik IU selama hampir satu dekade, tambah Jung.

Penyanyi solo papan atas, yang memulai debutnya pada tahun 2008, telah menjadi salah satu penyanyi paling sukses di sini dengan lagu-lagu megahit yang diproduksi sendiri, seperti "Through the Night", "Palette", dan "Blueming".


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musisi Kpop
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top