Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Langkah untuk Mengalahkan Stres Sepanjang Hidup Anda

Nadine Greiner, penulis buku Stress-Less Leadership, belajar dari para pemimpin dan korporasi, bahwa kemampuan seorang pemimpin dalam mengatasi stres bergantung pada empat langkah.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 07 April 2021  |  13:41 WIB
Ilustrasi - Wtop
Ilustrasi - Wtop

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak ada solusi ajaib untuk menghilangkan semua gejala stres dan mencegah semua stres, jadi penting untuk terus bereksperimen dengan apa yang berhasil untuk Anda.

Seiring waktu, Anda akan menemukan cara untuk menghindari stres.

Dilansir melalui Enterpreneur, Nadine Greiner, penulis buku Stress-Less Leadership, belajar dari para pemimpin dan korporasi, bahwa kemampuan seorang pemimpin dalam mengatasi stres bergantung pada empat langkah.

Keempat langkah ini akan memberi Anda batu loncatan untuk bertindak.

Greiner menyebutnya Empat "I": Menyalakan (Ignite), Memulai (Initiate), Menerapkan (Implement), dan Menginspirasi (Inspire).

1. Ignite

Sangat mudah untuk menganggap stres sebagai bagian alami dari kehidupan dan kekuatan yang tak tak terkendali. Tetapi Anda harus berjuang untuk perubahan positif. Anda harus bersedia untuk menjadi rentan dan berusaha secara sadar untuk melihat jauh ke dalam dan ke luar diri Anda.

Dalam upaya Anda untuk menjadi pemimpin yang efektif, Anda harus memiliki target dan tujuan untuk mengatasi stres di tingkat individu maupun organisasi. Pemulihan stres juga harus ditangani dari diri sendiri dulu sebelum menyelesaikan isu di ranah yang lebih luas.

2. Initiate

Untuk memulai upaya manajemen stres yang sukses, mengakui bahwa Anda dilanda tekanan sangat penting.

Mengatasi stres membutuhkan pendekatan bertahap. Pada tingkat pribadi, Anda harus mengidentifikasi penyebab stres internal Anda, seperti pesimisme atau perfeksionisme, dan penyebab stres eksternal Anda, seperti pelanggan yang tidak puas atau sumber daya yang tidak mencukupi.

Di tingkat organisasi, tingkat kesadaran yang sama harus ada. Anda dapat mendiagnosis stres menggunakan penilaian, survei, wawancara, dan cara lain untuk benar-benar memahami sifat masalahnya.

Semua tip ini memungkinkan para pemimpin untuk memulai upaya melawan stres mereka dan mencari tahu bagaimana mereka akan mengatasi stres setiap hari.

Ini sering kali merupakan bagian proses yang paling menantang, karena ini adalah wilayah yang asing dan membutuhkan banyak kesulitan.

Yakinlah bahwa dengan upaya yang berdedikasi, Anda dapat berhasil. Yang harus Anda lakukan hanyalah memulai.

3. Implement

Mengatasi stres yang berkepanjangan perlu dilakukan juga sambil membuat rencana untuk menghadapi tekanan harian. Ini adalah tahap implementasi. Komponen kunci dari implementasi melibatkan pencegahan.

Sementara para pemimpin harus belajar untuk mengatasi stres, mereka juga harus menerapkan strategi untuk mencegah stres muncul.

4. Inspire

Tujuan utama seorang pemimpin adalah untuk menginspirasi kehidupan kepemimpinan tanpa stres. Stres memiliki pengaruh besar pada hidup kita.

Untuk mendapatkan ketahanan terhadap stres, Anda harus mempertimbangkan berbagai aspek kehidupan yang dapat menjadi pereda stres termasuk hewan peliharaan, liburan, waktu, kepemilikan, dan alam, yang dapat memengaruhi hidup jika Anda ingin berumur panjang.

Stres memengaruhi cara Anda memandang dunia dan bagaimana Anda bangun setiap hari dengan semangat untuk tujuan yang lebih besar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stres tips gaya hidup
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top