Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Langkah Untuk Perbaiki Toxic Relationship

Pertengkaran yang terus-menerus menyebabkan hilangnya harga diri, rendah diri, dan perasaan tidak berharga. Sayangnya banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka berada dalam hubungan yang beracun itu.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 09 April 2021  |  20:13 WIB
Pasangan kencan - boldsky.com
Pasangan kencan - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menjalani toxic relationship atau hubungan beracun dapat berdampak buruk bagi keadaan fisik maupun mental seseorang.

Pertengkaran yang terus-menerus menyebabkan hilangnya harga diri, rendah diri, dan perasaan tidak berharga. Sayangnya banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka berada dalam hubungan yang beracun itu.

Melansir Times of India, Jumat (9/4/2021), berikut 7 langkah yang diperlukan untuk memperbaiki hubungan yang beracun :

1. Pahami apakah hubungan tersebut bisa diperbaiki

Toxic relationship dapat berubah jika kedua pasangan sama-sama berkomitmen untuk mengatasinya dengan banyak komunikasi secara terbuka, jujur, mau merefleksi diri, atau dibantu oleh profesional.

2. Bersedia untuk pergi

Sebelum menghadapi pasangan yang beracun, pastikan harga diri dan kepercayaan diri Anda cukup baik untuk memastikan diri Anda akan baik-baik saja jika keputusannya hubungan tersebut akan berakhir.

Jika Anda tidak mau melakukannya, pasangan Anda pada akhirnya akan tahu bahwa apa pun yang mereka lakukan, Anda tidak akan pernah pergi.

3. Gunakan suara Anda

Seringkali dalam hubungan yang beracun, Anda bungkam untuk membuat pasangan Anda kesal, yang seiring waktu dapat membangun kebencian. Jika Anda merasa cemas untuk mengkomunikasikan sesuatu kepada pasangan karena takut dengan tanggapannya, perhatikan gerak-geriknya terlebih dahulu dan kemudian bicarakan perlahan.

4. Mulai menggunakan ruang

Dalam hubungan yang beracun, seseorang sering kali tidak menghargai diri sendiri atau kebutuhannya sendiri karena pola dan siklus beracun pasangannya. Ekspresikan perasaan Anda dengan pasangan, dan beritahu dia bahwa Anda ingin mengambil ruang dalam hubungan sehingga Anda juga merasa diikutsertakan.

5. Cari bantuan

Seseorang dapat mengenali hubungan beracun jika salah satu atau kedua pasangan merasa lebih buruk tentang diri mereka sendiri ketika berada dalam hubungan tersebut. Jika sudah mencapai tahap ini dalam hubungan, Anda perlu menemui ahli kesehatan mental yang memberikan perspektif kepada Anda.

6. Belajar untuk mempercayai diri sendiri

Hubungan yang beracun seringkali melibatkan gaslighting yang dapat membuat Anda terus-menerus mempertanyakan tingkat kepekaan dan penilaian Anda. Ini dapat dengan cepat berubah menjadi Anda tidak mempercayai perasaan dan pikiran Anda sendiri.

7. Cari cara yang lebih sehat untuk mengungkapkan kritik bersama

Kritik yang membangun bisa sehat dalam semua konteks hubungan. Tetapi jika seseorang biasa mengkritik Anda dengan cara yang menghakimi atau merendahkan yang tidak lagi membantu, itu tidak baik. Anda harus membangun dialog di mana Anda berdua dapat mendengarkan sudut pandang satu sama lain, jadi ini bukan hanya monolog satu orang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

racun Relationship
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top