Money parenting diharapkan dapat memberikan manfaat terbaik dan pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan mereka mulai saat ini hingga di masa mendatang. /eastspring.co.id
Health

Pentingnya Ajarkan Pengelolaan Keuangan pada Anak Sejak Dini

Dewi Andriani
Selasa, 13 April 2021 - 20:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengasuhan mengenai tanggung jawab finansial kepada anak ternyata perlu dilakukan sejak dini sehingga anak dapat menggunakan dan mengelola keuangan mereka dengan baik sejak kecil hingga di masa mendatang.

Pengasuhan mengenai edukasi finansial dan sosial yang terkait dengan uang dikenal dengan istilah money parenting. Dalam proses ini, orang tua mewariskan perilaku dan keyakinan mereka tentang keuangan pada anak-anak sehingga diharapka bisa berdampak positif pada perilaku financial anak.

Dari hasil studi yang dilakukan Eastspring Investments kepada 10.000 orang tua di 9 pasar Asia, ditemukan bahwa 98 persen orang tua di Indonesia setuju mengenai pentingnya mengajari anak-anak mereka tentang cara menggunakan dan mengelola uang. Lebih tinggi dari rata-rata regional sebesar 95 persen.

Selain itu, sebanyak 43 persen orang tua yang disurvei menunjukkan keinginanya untuk meningkatkan pengetahuan keuangan mereka sendiri sehingga dapat menjadi panutan dan guru yang lebih baik bagi anak-anaknya.

Namun, hasil studi tersebut juga mengungkapkan bahwa 51 persen dari semua orang tua yang disurvei mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui apakah mereka telah menjadi guru dan panutan yang sukses bagi anak-anaknya.

Di Indonesia, para orang tua mengatakan bahwa tujuan paling penting money parenting adalah ketika mereka mengajari anak-anak mengenai perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Sedikit berbeda dibandingkan dengan orang tua di seluruh Asia yang melihatnya sebagai ‘mengajari anak tentang nilai dari uang’.

Eastspring Investments juga mengidentifikasi lima karakter dalam money parenting yang dapat dimanfaatkan orang tua untuk lebih memahami gaya pengasuhan mereka sendiri.

Kelima karakter itu adalah The Freestylers (Sang Gaya Bebas), The Facilitators (Sang Fasilitatpr), The Nurturers (Sang Pengasuh), The Go-getters (Sang Pemberani, dan The Balancers (Sang Penyeimbang) untuk membantu memahami kepribadian para orang tua agar dapat menyusun metode belajar individu untuk menghasilkan pembelajaran terbaik mereka.

Stefanus Adi Utomo, Chief Marketing Officer Moduit Digital Indonesia menyampaikan pentingnya Money Parenting dalam membantu orangtua mengedukasi pengelolaan uang untuk anak sejak dini.

“Diharapkan money parenting ini dapat memberikan manfaat terbaik dan pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan mereka mulai saat ini hingga di masa mendatang,” ujarnya.

Alan J. Tangkas Darmawan, Presiden Direktur Eastspring Indonesia, mengatakan pihaknya telah mengembangkan microsite www.eastspring.co.id/money-parenting untuk memfasilitasi orang tua mempelajari lebih lanjut tentang money parenting dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menanamkan dan melatih pengelolaan keuangan anaknya dengan bijak.

“Oleh karena orang tua merupakan guru dan sekolah pertama dari anakanak mereka, perannya sangat penting dalam membentuk pemahaman dan kebiasaan mereka tentang penggunaan uang,” ungkapnya.

Microsite Money Parenting menghadirkan beragam artikel, infografik, kuis kepribadian menargetkan para orang tua dengan memberdayakan mereka dengan pengetahuan, keterampilan dan alat dalam memberikan bimbingan dan bantuan keuangan terbaik kepada anak - anak mereka dan untuk generasi yang akan datang.

Melalui kampanye #MoneyParenting, Moduit bersama Eastpring Indonesia memberikan pilihan tiga produk reksa dana yaitu Eastspring Investments Value Discovery, Eastspring Investments Yield Discovery dan Eastspring Investments Cash Reserve sebagai solusi investasi yang tepat dengan kebutuhan orang tua dalam pengelolaan keuangan anak-anak mereka.

Orang tua dapat berinvestasi dengan mudah dan terjangkau melalui aplikasi Moduit yang dapat diunggah melalui Play Store dan App Store dengan investasi mulai dari Rp10.000. Pembukaan akun hanya mensyaratkan KTP anak dan rekening bank atas nama anak tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro