Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

6 Cara Menghalau Kantuk setelah Sahur

Menahan untuk tidak tidur setelah makan sahur merupakan langkah yang tepat.
Astrid Prihatini
Astrid Prihatini - Bisnis.com 15 April 2021  |  14:37 WIB
6 Cara Menghalau Kantuk setelah Sahur
Mengantuk - ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Umumnya setelah sahur, kita akan mudah terserang kantuk dan kembali tidur. Padahal, kebiasaan ini berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Namun tentu hal ini tidak mudah melawan kantuk setelah sahur. Menahan untuk tidak tidur setelah makan sahur merupakan langkah yang tepat. Dengan demikian, sistem pencernaan punya waktu lebih lama untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dengan lebih baik.

Berikut cara mudah mengusir kantuk setelah sahur sebagaimana melansir klikdokter dan berbagai sumber, Rabu (14/4/2021):

1. Tidur lebih awal

Trik pertama usir kantuk setelah sahur adalah tidurlah lebih awal. Pada dasarnya kemungkinan kamu merasa mengantuk karena kebutuhan tidur belum tercukupi. Oleh karena itu untuk menyiasatinya maka usahakan selama Ramadan geser jam tidur jadi lebih awal dari biasa.

2. Alihkan keinginan tidur

Cara berikutnya usir kantuk setelah sahur adalah mengalihkan keinginan tidur dengan melakukan berbagai aktivitas misalnya mencicil pekerjaan kantor atau menonton televisi.

3. Mandi atau wudu air dingin

Air dingin bisa mengurangi rasa malas saat bangun di pagi hari. Jika tak memungkinkan mandi, cukup dengan berwudu dengan air dingin bisa menjadi sinyal bagi tubuh untuk segera beraktivitas.

4. Minum air jahe

Minum air jahe bisa usir kantuk setelah sahur. Biasanya supaya tubuh bisa langsung terasa segar terjaga kita mengonsumsi kafein dari kopi. Namun, saat sahur kopi tidak dianjurkan karena bersifat diuretik bisa membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan.

Untuk mengakalinya ahli nutrisi Rachel Olsen menganjurkan mengonsumsi minuman jahe. Menurut Rachel, minum jahe lebih menguntungkan dibanding teh atau kopi karena salah satunya bisa menjaga pH atau tingkat keasaman lambung.

5. Air putih

Kadang hal sederhana seperti minum air putih saja saat sahur dapat membantu tubuh kita untuk cepat kembali terjaga dan usir kantuk.

Air putih membantu mengalirkan oksigen pada otak sehingga kamu menjadi lebih segar dan tidak menguap-nguap. Seperti dikutip dari The Daily Mind segelas air juga terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kamu jadi lebih cepat bangun.

6. Olahraga pagi

Olahraga pagi juga bisa usir kantuk setelah sahur. Cukup dengan jalan kaki saja sudah cukup. Berjalan kaki di pagi hari bisa membuat kamu bersemangat sepanjang hari. Sebab, ketika berjalan kaki, kita mengaktifkan sistem tubuh dengan cepat, denyut nadi meningkat, pernapasan semakin lancar dan tingkat kesadaran semakin meningkat.

Tidur setelah sahur memang sering tidak bisa dihindari. Meski demikian banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan setelah makan sahur.

Bila tak ingin cepat mengantuk, lakukan berbagai tips yang dipaparkan di atas. Selain itu jangan lupa, pilih menu sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, agar Anda bisa menahan lapar lebih lama namun tetap bertenaga.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur Ramadan sahur

Sumber : Solopos

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top