Orang-orang bermasker berfoto di dpean Api Olimpiade Tokyo 2020 yang dipajang di luar stasiun kereta Sendai di Prefektur Miyagi setelah tiba dari Yunani./Antara-AFPrn
Health

5 Bukti Covid-19 Ditularkan melalui Udara

Desyinta Nuraini
Jumat, 16 April 2021 - 17:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian yang terbit di jurnal medis Lancet menegaskan SARS-CoV-2 alias Covid-19 sebagian besar ditularkan melalui udara. Hal inilah yang memicu penyebaran virus semakin luas.

Penelitian yang dipimpin oleh Trish Greenhalgh dari Universitas Oxford menemukan sejumlah bukti virus tersebut tersebar melalui udara.

"Ada 10 baris bukti untuk mendukung dominasi rute udara," ujarnya seperti dikutip dari Medical Xpress, Jumat (6/4/2021).

Pertama, adanya kasus superspreader pada kelompok paduan suara Skagit Choir. Pada kasus ini, satu orang yang ternyata terinfeksi Covid-19 kemudian menularkan ke 53 anggota lainnya. Penelitian mengonfirmasi bahwa peristiwa ini tidak terkait dengan kontak dekat dan menyentuh permukaan atau objek bersama.

Kedua, bukti tingkat penularan SARS-CoV-2 jauh lebih tinggi di dalam ruangan daripada di luar ruangan, dan penularannya sangat berkurang dengan ventilasi dalam ruangan.

Ketiga, tim menyoroti penelitian yang menduga penularan SARS-CoV-2 dari orang yang tidak gejala seperti batuk atau bersin menyumbang setidaknya 40 persen dari semua penularan. Transmisi senyap ini adalah cara utama Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, mendukung mode penularan yang didominasi udara.

Keempat, tim menemukan penularan virus terjadi antara penghuni kamar hotel yang berdekatan dan tidak pernah melakukan kontak erat.

Kelima, tim menemukan sedikit atau tidak adanya bukti bahwa virus menyebar dengan mudah melalui tetesan besar atau droplet yang jatuh dengan cepat melalui udara dan mencemari permukaan.

"Kami dapat mengidentifikasi dan menafsirkan makalah yang sangat kompleks dan khusus tentang dinamika aliran cairan dan isolasi virus hidup," kata Greenhalgh. 

Dia menjelaskan jika virus menular terutama melalui udara, potensi terinfeksi terjadi ketika seseorang menghirup aerosol yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi menghembuskan napas, berbicara, berteriak, bernyanyi, atau bersin. 

Oleh karena itu, penting melakukan pencegahan infeksi termasuk membenahi ventilasi, penyaringan udara, mengurangi kepadatan dan jumlah waktu yang dihabiskan orang di dalam ruangan, memakai masker setiap kali berada di ruangan, memperhatikan kualitas dan kesesuaian masker, dan memakai APD lengkap untuk perawatan kesehatan dan staf lain saat bekerja dengan orang yang berpotensi menularkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro