Terapi suara/istimewa
Relationship

Manfaat Terapi Suara untuk Pikiran yang Tenang dan Rileks

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 20 April 2021 - 12:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Musik dapat membangkitkan berbagai macam respons dalam tubuh dan pikiran Anda. Beberapa terapis sekarang menggunakan ide ini untuk membantu pasien dalam mengatasi penyakit umum.

Dari terapi musik hingga mandi suara, terapi suara mencakup berbagai macam terapi. Ini adalah bentuk terapi sensorik, mirip dengan terapi pijat, yang memberikan relaksasi dengan sentuhan. Ini telah digunakan selama berabad-abad. Jadi, Vikas Chawla, Pendiri, dan Direktur, Vedas Cure, berbicara tentang manfaat dan jenis terapi suara serta cara pelaksanaannya.

Terapi suara memiliki variasi, sama seperti jenis terapi lainnya. Salah satu jenis yang paling umum adalah rendaman suara, yang menggunakan instrumen seperti mangkuk untuk menciptakan "pengalaman mendengarkan seluruh tubuh yang sangat mendalam".

Ada terapi musik, yang menggunakan suara yang dipandu terapis untuk membantu orang mengingat sesuatu dan rileks. Bentuk lainnya adalah binaural beats, yang melibatkan pemutaran dua nada terpisah di setiap telinga, yang dianggap otak sebagai satu suara yang hampir euforia.

Bagaimana kinerjanya?

Sesi sangat berbeda tergantung pada praktisi dan tujuannya. Banyak orang memulai dengan latihan pernapasan untuk membantu menenangkan pikiran mereka dan mengalihkan perhatian mereka untuk mendengar. Peserta duduk atau berbaring selama mandi suara dan sesi terapi getaran, seringkali dengan penutup mata atau bantalan.

Mangkuk terkadang digunakan di tubuh dan di sekitar kepala; aktivitas lain, seperti yoga atau tai chi, lebih melibatkan. Mangkuk suara Tibet, mangkuk kristal, gong, garpu tala, lonceng, dan suara manusia adalah instrumen terapi suara yang populer. Sasaran sesi menentukan instrumen, nada, dan frekuensi yang tepat.

Tujuan akhir dari terapi suara adalah keseimbangan dan regenerasi, tetapi kami telah melihat berbagai pelepasan emosi, termasuk tangisan, euforia, tawa, dan bahkan frustrasi. Karena terapi ini membawa emosi ke permukaan, biasanya perasaan yang selama ini Anda tahan muncul kembali ke permukaan segera setelah sesi atau mungkin perlu waktu hingga satu hari bagi Anda untuk menyadari efek emosionalnya.

Ada banyak bukti bahwa terapi suara dapat membantu mengatasi rasa sakit fisik dan psikologis. Meditasi dengan mangkuk secara signifikan mengurangi stres dan frustrasi. Stimulasi suara frekuensi rendah sangat meningkatkan jumlah waktu peserta dapat duduk dan berdiri tanpa rasa sakit dengan fibromyalgia, dan binaural beats dapat digunakan untuk meredakan kecemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro