Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

13 Tips Antipanas Tanpa Pendingin Ruangan saat Siang Hari

Ketika lingkungan dan cuaca di sekitar sedang panas-panasnya, banyak dari kita yang memilih menyalakan pendingin ruangan. Cara lain untuk tidak kepanasan adalah berendam di kolam renang atau masuk ke fasilitas publik berpendingin ruangan.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 23 April 2021  |  21:36 WIB
Tidur dengan kipas angin - Istimewa
Tidur dengan kipas angin - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika lingkungan dan cuaca di sekitar sedang panas-panasnya, banyak dari kita yang memilih menyalakan pendingin ruangan. Cara lain untuk tidak kepanasan adalah berendam di kolam renang atau masuk ke fasilitas publik berpendingin ruangan.

Akan tetapi, masa pandemi telah mengurangi ruang gerak untuk berkunjung ke sejumlah tempat tersebut bahkan mengurangi penggunaan pendingin ruangan di sejumlah fasilitas umum.

Melansir dari CNN, Jumat (24/4/2021), berikut beberapa cara untuk tetap merasa nyaman di tengah cuaca yang panas.

1. Tetap terhidrasi

Ketika badan mengalami panas akibat cuaca, cara termudah adalah dengan minum air dingin atau panas secukupnya. Hidrasi yang cukup bisa membantu menjaga tubuh tetap dingin.

2. Mandi air dingin

Mandi dengan air dingin bisa membantu mendinginkan tubuh dengan menurunkan suhu tubuh. Cara tambahan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sabun peppermint karena ini akan membantu mengaktifkan reseptor otak tentang rasa dingin ketika memakan atau merasakan sesuatu.

3. Gunakan lap dingin di leher atau pergelangan tangan

Penggunaan lap dingin pada leher atau pergelangan tangan sebagai daerah pusat denyut nadi bisa menjadi salah satu alternatif karena bagian ini dekat ini dekat dengan kulit sehingga mempercepat penurunan suhu tubuh.

4. Buka atau nyalakan sumber angin

Jika daerah tempat tinggal cukup panas, pembukaan jendela bisa dilakukan agar sirkulasi udara terjadi. Udara panas dari dalam ruangan bisa dibawa ke luar sehingga menciptakan suhu ruang yang lebih dingin. Alternatifnya adalah dengan menggunakan kipas jika terdapat kendala pada pembukaan jendela.

5. Tutup gorden

Menutup gorden bisa dilakukan karena sinar matahari selama siang haru bisa mengurangi paparan sinar matahari yang memicu peningkatan suhu ruang.

6. Tidur dengan memakai bahan linen

Penggunaan bahan linen atau kapas cukup direkomendasikan karena bahan ini merupakan bahan yang bisa mendistribusikan angin atau breathable ketika digunakan.

7. Tidur di basement

Basement atau ruangan dengan tingkat yang lebih rendah memiliki temperatur yang lebih dingin sehingga tempat ini bisa menjadi tempat temporer ketika merasa kepanasan.

8. Jangan letakkan selimut atau pakaian dalam kulkas atau freezer

Ide ini dinilai tidak efektif karena dengan kemampuan selimut dan pakaian dalam menyerap panas tubuh memicu hangatnya tubuh.

9. Tutup ruangan

Jika tidak ada orang di dalam ruangan, menutup pintu ruangan mampu menciptakan udara yang dingin di dalamnya.

10. Gunakan exhaust di dapur dan/atau kamar mandi

Penggunaan exhaust di kedua ruang ini bisa menarik udara panas setelah memasak atau mandi dengan air panas.

11. Pasang bohlam lampu yang hemat energi

Penggunaan bohlam lampu yang hemat energi seperti bohlam lampu LED cenderung memberikan temperatur yang lebih rendah dibanding dengan bohlam lampu biasa. Meski efek ini tidak mengurangi panas di rumah, tetapi perubahan ini memberikan dampak yang lebih mudah diketahui.

12. Masak dengan slow cooker atau di luar ruangan ketika pagi hari

Panas dari oven atau dari kompor saat memasak bisa menyebar di dalam rumah, sehingga pastikan untuk memusatkan panas di satu tempat dengan menggunakan slow cooker atau memindahkan lokasi masak ke luar rumah.

13. Konsumsi makanan dingin

Beberapa makanan seperti es krim, minuman dingin, atau makanan lainnya bisa membantu menurunkan suhu tubuh untuk sementara waktu. Tetapi jumlah kadar gula juga harus tetap diperhatikan jika mengalami kepanasan berlebih atau risiko dari kepanasan berlebih karena gula bisa memicu panas dalam tubuh.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rantai pendingin Suhu udara
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top