Ilustrasi dehidrasi/Istimewa
Health

Ingin Hidup Sehat dan Bahagia? Hindari 5 Kebiasaan Ini Yuk!

Luke Andaresta
Rabu, 28 April 2021 - 13:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Banyak orang ingin hidup selama mungkin dan bebas dari risiko penyakit. Hal itu dapat bergantung dari kebiasaan hidup seseorang.

Melansir Express UK, berikut 5 kebiasaan yang disarankan untuk dikurangi atau lebih baik dihentikan agar hidup lebih lama dan jauh dari risiko penyakit.

1. Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan kematian dini dan mempercepat proses penuaan. Faktanya, CDC menemukan bahwa harapan hidup perokok setidaknya 10 tahun lebih pendek daripada bukan perokok. Selain itu, berhenti merokok sebelum usia 40 tahun, seseorang dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit karena merokok sekitar 90%.

2. Dehidrasi

Berbagai penelitian mengatakan bahwa meminum jumlah air yang tepat setiap hari adalah salah satu cara seseorang dapat meningkatkan umur panjang serta kesehatan mereka secara keseluruhan. Terhidrasi membantu tubuh seseorang membuang racun berbahaya sama seperti ketika melakukan detoksifikasi yang besar.

3. Daging Olahan

Ada berbagai bukti ilmiah yang menyatakan bahwa daging merah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, dan kematian secara keseluruhan. Bahwa WHO mengklasifikasikannya sebagai penyebab kanker. Sebaliknya, mengurangi konsumsi daging merah olahan serta lebih banyak mengonsumsi ikan, ayam, sayur, dan kacang-kacangan dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan umur panjang seseorang.

4. Tidak olahraga

Olahraga buka hanya berfungsi sebagai cara untuk menurunkan berat badan, namun sebagai salah satu alat kesehatan paling efektif yang bisa dilakukan untuk hidup bahagia, sehat dan lebih lama. Tubuh kurang sekali bergerak dapat menyebabkan beberapa risiko kesehatan fisik yang serius seperti metabolisme yang lebih lambat, kelemahan otot, obesitas, dan peningkatan kadar kolesterol. Sebaliknya, dengan menjaga otot anda tetap aktif, tubuh akan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh dan dengan begitu oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat bisa terjaga

5. Stres

Sebuah studi dari University of California menemukan bahwa wanita yang mengalami stres kronis memiliki tingkat klotho yang jauh lebih rendah, hormon yang mengatur proses penuaan. Studi lain menemukan stres meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Dengan menemukan cara untuk membantu mengurangi stres misalnya olahraga atau meditasi, anda dapat meningkatkan umur dan mengurangi proses penuaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro