Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tips Pemain NBA Agar Bisa Berolahraga di Saat Berpuasa

Para atlet muslim dunia seperti beberapa pemain NBA telah membuktikan diri untuk berolah-raaga di saat berpuasa, misalnya pemain Boston Celtics Tacko Fall and Portland Trail Blazers Enes Kanter serta Jusuf Nurkic.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 29 April 2021  |  19:02 WIB
Jusuf Nurkic adalah pebasket profesional Bosnia & Herzegovina yang menolak tim portland trail blazer di kompetisi National Basketball Association.  - NBA
Jusuf Nurkic adalah pebasket profesional Bosnia & Herzegovina yang menolak tim portland trail blazer di kompetisi National Basketball Association. - NBA

Bisnis.com, JAKARTA - Olahraga adalah kebutuhan untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan sehat, sehingga individu harus terus berolahraga.

Dalam siaran pers NBA, Kamis (29/4/2021), olahraga saat harus menahan rasa lapar dan haus memang bukanlah hal yang mudah, tetapi tidak mustahil dilakukan.

Para atlet muslim dunia seperti beberapa pemain NBA telah membuktikannya, misalnya pemain Boston Celtics Tacko Fall and Portland Trail Blazers Enes Kanter, serta Jusuf Nurkic. Meski berpuasa, mereka tetap bisa bertanding di level tertinggi.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan.

  • Memilih waktu yang tepat

Saat ingin berolahraga sambil berpuasa, hal penting yang harus kamu tentukan adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

Jika kamu berolahraga pada saat perut kamu kosong dan jarak untuk makan masih terlalu jauh, maka akan membahayakan tubuh.

Lebih baik olahraga dilakukan saat menjelang berbuka puasa, sehingga kamu bisa langsung minum dan makan untuk mengisi energi setelah mengeluarkan keringat dan tenaga.

Kamu cukup ambil kurang lebih 60 menit sebelum berbuka. Kamu juga bisa melakukannya setelah berbuka puasa, tetapi kamu harus memplastikan tubuh kamu sudah mencerna dengan baik makanan yang baru saja masuk.

  • Perhatikan asupan saat Sahur

Makanan yang akan dikonsumsi sangat penting untuk memastikan tubuh memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas seharian ditambah dengan berolahraga.

Jadi, sahur sangat krusial dan tidak boleh diremehkan apa lagi dilewatkan. Pastikanlah makanan yang kamu konsumsi memberikan cukup nutrisi dan energi.

Pemain Portland Trail Blazers, Enes Kanter memberikan saran untuk tetap makan makanan yang berat.

  • Berlatih berpuasa

Berlatihlah berpuasa dan berolahraga di waktu yang bersamaan sebelum Ramadhan benar-benar tiba.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membiasakan tubuh kita beraktivitas termasuk berolahraga di saat harus menahan lapar dan haus.

Hal ini juga menjadi cara Enes mampu bertahan dalam pertandingan NBA hingga selesai saat berpuasa. “Biasanya saya mempersiapkan diri dengan berpuasa satu sampai dua hari seminggu pada saat musim reguler NBA atau sebelum bulan Ramadan tiba,” katanya.

Kamu juga bisa mencobanya dengan hal yang sama. Latihlah tubuh kamu dengan mencoba berpuasa. Cobalah mulai berpuasa beberapa hari sejak satu sampai dua bulan mendekati bulan Ramadan. Lalu, pilihlah satu atau dua hari dalam seminggu untuk berpuasa dan berolahraga.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olahraga tip berpuasa
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top