Kegitan vaksinasi lanjut usia (lansia) di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. /ANTARA
Health

Vaksinasi Lansia Masih Rendah, Pemerintah Daerah Gandeng Swasta

Dewi Andriani
Senin, 3 Mei 2021 - 10:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah terus menggencarkan percepatan program vaksinasi bagi warga lanjut usia. Pasalnya, hingga kini cakupan vaksinasi untuk lansia masih tergolong rendah.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, per 2 Mei 2021, dari target 21,5 juta lansia yang akan divaksin, baru 2,5 juta yang sudah menerima vaksinasi atau sekitar 12 persen.

Sejumlah daerah pun terus membantu mempercepat program vaksinasi warga lanjut usia seperti yang dilakukan oleh pemerintah Kota Jakarta Selatan.

Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Selatan Muhammad Helmi, mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di banyak lokasi. Berbagai kegiatan sosialiasi juga terus ditingkatkan agar warga lansia mau menjalankan vaksinasi Covid-19. Tujuannya agar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia yang beberapa waktu lalu sempat lambat bisa lebih dipercepat.

“Kami ajak berbagai mitra untuk jalankan vaksinasi. Kegiatan ini memang menjadi bagian dari program vaksinasi Covid-19 yang kami jalankan untuk lansia di Jakarta Selatan, agar bisa cepat,” kata Helmi.

Hingga pekan lalu Jakarta Selatan menjadi salah satu kota di Indonesia yang telah berhasil melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk lansia dengan pencapaian lebih dari 75 persen dari target yang ditetapkan. Ada pun target vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Jakarta Selatan adalah 179.249 orang.

Selain menyediakan tempat-tempat vaksinasi di berbagai lokasi, mereka, melalui Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Selatan, juga menggandeng pihak swasta untuk berperan serta, salah satunya Medco Group.

Beberapa pihak seperti layanan aplikasi Alodokter juga berpartisipasi dalam kegiatan ini. Para petugas kesehatan dari Puskemas Pasar Minggu dan Puskesmas Kebayoran Lama menjadi pihak yang melayani kegiatan vaksinasi massal ini.

Indra Nugraha, ketua panitia kegiatan vaksinasi dari Medco Group mengatakan bahwa pihaknya menyediakan kendaraan penjemput di berbagai titik agar peserta tidak terkendala menuju lokasi kegiatan vaksinasi.

“Banyak yang mau mengikuti vaksinasi tapi terkendala transportasi, kita sediakan penjemputan yang nyaman mengingat faktor usia para peserta,” ujar Indra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro