Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Makanan Berikut Ampuh Cegah Kanker

Penelitian menunjukkan, bahwa untuk setiap 10 gram serat yang dikonsumsi setiap hari, risiko kanker payudara wanita menurun hingga 7 persen.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 14 Mei 2021  |  14:05 WIB
Sayuran hijau - mogreenjuice.com
Sayuran hijau - mogreenjuice.com

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun tidak ada satu makanan pun yang dapat menjamin  menyembuhkan kanker, namun pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa pencegahan kanker dapat dilakukan.

Salah satunya dengan mengotrol asupan makanan atau diet. Beberapa makanan memiliki kandungan bergizi yang mampu melawan risiko kanker.

Melansir dari eatthis, Jumat (14/5/2021), berikut makanan yang baik untuk mencegah kanker:

1. Tomat

Kandungan konsentrasi likopen antioksidannya yang tinggi membuat tomat dapat membantu melindungi DNA dari kerusakan penyebab kanker payudara, endometrium, paru, lambung, prostat, dan kanker sel ginjal.

Untuk perlindungan yang lebih baik, pilih tomat berwarna oranye daripada tomat merah biasa.

Menurut peneliti Ohio State University, orang menyerap likopen 2,5 kali lebih banyak dari tomat jeruk yang dimasak daripada dari varietas plum merah.

2. Sereal Biji-Bijian

Meskipun sereal bergula dapat merusak kesehatan, bila mengisi mangkuk sarapan dengan variasi yang kaya serat dan asam folat dapat memiliki efek sebaliknya.

Penelitian menunjukkan, bahwa untuk setiap 10 gram serat yang dikonsumsi setiap hari, risiko kanker payudara wanita menurun hingga 7 persen. 

Sementara, mengonsumsi asupan folat harian yang direkomendasikan dapat menangkal mutasi DNA dan mengurangi risiko kanker pankreas perokok pria menjadi setengahnya.

3. Berry

Berbagai buah berrry seperti cranberry, stroberi, raspberry, blackberry, dan blueberry mengandung senyawa kuat penghambat tumor.

Di dalamnya mengandung asam fenolik, glikosida, antosianin, dan antioksidan seperti asam ellagic yang dapat memperlambat reproduksi sel kanker dan menghentikan radikal bebas agar tidak merusak sel.

Mengonsumsi buah ini sangat efektif untuk menangkal kanker usus besar, prostat, dan kerongkongan, demikian temuan penelitian.

4. Kulit Jeruk

Kulit mengandung senyawa kuat yang meningkatkan produksi enzim detoksifikasi tubuh.

Faktanya, mengonsumsi zest secara teratur dapat membantu mengurangi risiko kanker kulit sel skuamosa hingga 30 persen dan mengecilkan tumor yang ada, kata peneliti University of Arizona.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan bahan kimia dan nutrisi penangkal penyakit yang memblokir sel kanker laring, mulut, paru, payudara, kulit, dan perut.

Bayam, kangkung, sawi, lobak Swiss dan selada romaine adalah sayuran hijau yang bagus untuk dikonsumsi.

6. Kenari

Buah ini mungkin kecil, tetapi memiliki kekuatan besar untuk melawan penyakit. Kacang kenari mengandung vitamin yang disebut gamma tokoferol yang menghentikan aktivasi Akt, enzim yang penting untuk kelangsungan hidup sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Kenari juga mengandung molekul mirip kolesterol yang disebut fitosterol yang memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara dengan menghalangi reseptor estrogen.

Akademis mengatakan, kenari dapat membantu menangkal kanker prostat, paru-paru dan kolorektal.

7. Makarel

 Anda mungkin sudah tahu bahwa omega-3 dan vitamin D dalam mackerel, herring, dan salmon liar baik untuk jantung. 

Tetapi, tahukah Anda bahwa mereka juga dapat membantu menangkal  kanker?

Satu studi di Harvard selama 12 tahun terhadap hampir 48.000 pria menemukan, bahwa mereka yang mengonsumsi jenis ikan berlemak ini lebih dari tiga kali seminggu 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker prostat.

Peningkatan asupan vitamin D juga ditemukan di ikat tersebut dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita hingga 50 persen, menurut temuan dari Proceedings of the American Association for Cancer.

Nutrisi makarel juga dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup di antara pasien kanker paru-paru dan dapat melindungi dari kanker kolorektal, kata para peneliti.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan kanker kanker payudara
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top