Telur sumber protein. /Istimewa
Health

Kebutuhan Protein Tiap Orang Berbeda, Begini Cara Hitungnya

Dewi Andriani
Rabu, 19 Mei 2021 - 18:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Protein merupakan salah satu sumber nutrisi penting bagi tubuh. Namun, kebutuhan setiap orang ternyata berbeda.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mulai dari berat badan dan seberapa banyak otot yang dimiliki. Bukan hanya dilihat berdasarkan faktor jenis kelamin, pria atau wanita.

Mungkin informasi yang beredar saat ini ditemukan bahwa kebutuhan protein rata-rata wanita sekitar 46 gram per hari, dan rata-rata kebutuhan pria sekitar 56 gram per hari.

Namun perlu diingat pedoman yang telah ditetapkan oleh Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar protein untuk kebanyakan orang.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman, mengatakan setiap orang memiliki berbagai ukuran tubuh, dan komposisi tubuh yang sangat bervariasi sehingga masuk akal bila kebutuhan protein tiap orang juga sangat bervariasi.

Salah satu pedoman dari Institute of Medicine adalah merekomendasikan agar kita mengonsumsi 10 hingga 35 persen dari total kalori harian dari protein. "Pedoman ini hanya sedikit membantu, khususnya untuk mengetahui protein yang dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan kalori kita," ujarnya.

Namun kisaran persentase kalori amat luas, dan mayoritas orang pasti akan kesulitan untuk memastikannya.

Lantas  bagaimana cara menghitung kebutuhan protein yang dibutuhkan tubuh kita?

Ada dua cara mudah yang dapat dilakukan

Metode 1: Perhitungan Menggunakan Massa Tubuh Anda

Karena protein sangat penting untuk mempertahankan massa tubuh, maka jumlah protein yang disarankan untuk kita konsumsi disesuaikan dengan seberapa besar massa tubuh kita. Massa tubuh yang dimaksud adalah semua yang ada di tubuh, tidak termasuk lemak.

Idealnya, Anda telah melakukan pengukuran komposisi tubuh, yang akan memberi tahu berapa banyak massa tubuh tanpa lemak yang dimiliki sehingga Anda dengan mudah menentukan jumlah
jumlah protein yang dibutuhkan. Pengukuran komposisi tubuh ini dapat menggunakan timbangan rumahan yang sudah support hal ini.

Setelah diketahui massa tubuh tanpa lemak kita, maka dapat dihitung kebutuhan protein kita yaitu 0,5 hingga 1 gram protein per pon massa tubuh tanpa lemak. Jika menggunakan sistem metrik, berarti sekitar 1 hingga 2 gram protein per kilogram massa tubuh tanpa lemak.

Metode 2: Perhitungan Menggunakan Berat Badan Anda

Jika Anda tidak memiliki akses ke analisis komposisi tubuh, Anda dapat memperkirakan kebutuhan protein berdasarkan berat badan saat ini. Ini bukanlah metode yang sempurna, karena tidak memperhitungkan berapa banyak massa otot yang dimiliki, tetapi setidaknya metode ini memperhitungkan perbedaan ukuran tubuh tiap orang.

Berikut cara menghitung kebutuhan protein Anda:

  • Dalam pon: kalikan berat badan dengan 0,7
  • Dalam kilogram: kalikan berat badan dengan 1,5
  • Jumlah yang didapatkan merupakan target yang wajar untuk jumlah protein (dalam gram) yang harus kita makan setiap hari.

Sebagai ilustrasi, seorang wanita dengan berat 140 lbs (64kg) membutuhkan protein sekitar 100gr/hari. Sementara seorang pria dengan berat badan sebesar 220lb (110kg) harus mendapat asupan protein setidaknya sebanyak 150gr/hari.

Dengan menggunakan metode perhitungan tersebut, jumlah asupan protein yang disarankan akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang, dibanding menggunakan pedoman umum yang hanya berdasarkan jenis kelamin saja.

Akan tetapi, jika Anda memiliki target kemampuan atletis tertentu seperti melakukan latihan kekuatan atau ketahanan, tentu saja kebutuhan protein mungkin berbeda.

"Dan Anda dapat menemukan informasi yang lebih rinci terkait hal tersebut dalam panduan yang saya susun tentang cara menghitung makro guna performa atletis,” terang Susan.

Cara Menghitung Jumlah Protein dalam Makanan

Sekarang setelah mendapatkan gambaran kasar tentang berapa banyak protein yang harus Anda konsumsi setiap hari, Anda pasti ingin mengetahui seberapa banyak yang benar-benar protein yang dikonsumsi.

"Menurut saya, yang paling mudah adalah membuat perkiraan bahwa jumlah protein dalam makanan adalah 25g per porsi, dan jumlah protein dalam makanan ringan sekitar 10g per porsi," ujarnya.

Sebagai gambaran, porsi umum dari makanan memiliki kandungan protein sekitar 25gr, dan camilan berprotein kira-kira dalam kisaran 10gr. Misalnya, 3 ons ikan atau ayam yang dimasak mengandung protein sekitar 25 gram. Sementara camilan dari satu kotak yoghurt, satu batang protein bar, atau segenggam kacang kedelai panggang akan mengandung protein 10 gr.

Dengan demikian, jika seorang wanita menginginkan asupan protein sekitar 100 gr sehari maka dapat dengan mudah melakukannya dengan mendapat 25gr (per porsi) setiap makan, dan mengkonsumsi beberapa camilan berprotein.

Jika Anda, seorang pria yang menargetkan asupan protein sekitar 150gr sehari, Anda cukup menggandakan porsi asupan protein dalam beberapa kali makan untuk mencapai target.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro