Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Madu murni memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, apakah produk yang dijual di pasar benar-benar madu murni.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 19 Mei 2021  |  19:45 WIB
6 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh
Madu memiliki khasiat dan manfaat yang baik bagi tubuh - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Madu murni memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia dan bisa menjadi obat hingga cocok dimasukkan ke dalam program diet.

Mengutip dari Pink Villa, Rabu (19/5/2021), sebagian besar merek madu diproses, dipasteurisasi, dan bahkan mungkin ditambahkan pengawet.

Saat ini, banyak produsen madu yang mengekstrak madu dari sarang lebah diolah, dipanaskan, dan sarat dengan zat aditif, madu tersebut tidak hanya kehilangan manfaat kesehatan bawaannya, tetapi bahkan menjadi tidak sehat untuk dikonsumsi.

Obat mujarab kuno

Literatur kuno dari berbagai peradaban menyebutkan madu adalah "hadiah dari surga" dan selalu digunakan sebagai agen penyembuhan. Bahkan filsuf Yunani kuno, Aristoteles, menyebut madu sebagai "obat yang baik untuk menyembuhkan sakit mata dan luka". 

Manfaat kesehatan dari madu mentah

Madu, terutama dalam bentuk mentahnya, telah lama dikenal sebagai makanan super dengan khasiat obat yang ajaib. Saat ini tidak ada keraguan tentang sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan penyembuhan luka dari madu.

1. Memiliki khasiat imunomodulator

Madu menyiratkan bahwa madu membantu memodulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sejumlah penelitian dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa madu ketika dikonsumsi dalam bentuk paling murni mungkin memiliki manfaat anti kanker yang potensial.

2. Kaya akan asam amino

Madu murni dapat membantu mencapai serangkaian tujuan kesehatan termasuk penurunan berat badan, melawan alergi, meningkatkan kesehatan pernapasan, dan bahkan memberikan manfaat anti-penuaan.

3. Mengandung antioksidan

Madu mentah dikemas dengan fitonutrien dan mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Ini juga bersifat antibakteri dan antijamur. Tidak banyak orang yang tahu bahwa madu mentah mengandung bee pollen dalam jumlah besar, yang pada dasarnya cukup sehat untuk dikonsumsi.

manfaat madu bagi kesehatan

4. Memiliki bee pollen

Bee pollen ini berasal dari bunga yang diserbuki lebah mengandung banyak vitamin, mikronutrien, asam amino dan asam lemak baik, dan bahkan lebih banyak antioksidan. Anda tidak akan menemukan manfaat ini dalam madu olahan.

5. Mencegah sakit jantung

Banyak penelitian menunjukkan bahwa madu mentah bermanfaat bagi kesehatan dan bisa menurunkan risiko penyakit jantung, menyembuhkan luka, dan bermanfaat bagi kesehatan pernapasan. Sebab, madu mentah memiliki 22 asam amino, sekitar 31 mineral berbeda, dan berbagai macam vitamin dan enzim.

6. Mengandung enzim

Enzim yang dikenal sebagai glukosa oksidase adalah pemain kunci lainnya. Enzim ini membantu menghasilkan molekul dalam madu yang memberikan sifat antimikroba dan antibakteri yang mengarah pada Anda yang lebih sehat. Antioksidan dalam bentuk murni madu dapat membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol.

Nah di masa sekarang ketika satu-satunya cara untuk benar-benar melindungi diri Anda dari virus menular adalah dengan meningkatkan kekebalan Anda, secangkir teh madu-lemon murni bisa sangat bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat madu
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top