Film Cut Nyak Dhien. /Youtube
Entertainment

Film Tjoet Nya' Dhien Siap Tayang di 5 Bioskop, Menteri BUMN Ikut Nonton

Fatkhul Maskur
Rabu, 19 Mei 2021 - 13:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Film Cut Nya' Dhien, yang telah direstorasi di Belanda, akan diputar kembali di lima bioskop. Menteri BUMN Erick Thohir dijadwalkan hadir dalam pemutaran perdana di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (20/5/2021).

Selain di Plaza Senanyan, empat bioskop lain yang akan menayangkan kembali film yang berkisah tentang kepahlawanan tokoh dari Aceh itu, di Pondok Indah Mall (PIM) 1, Trans Studio Mall (TSM) Cibubur, Blok M Square dan Bekasi.

"Kehadiran Meneg BUMN diharapkan ikut mendorong masyarakat untuk menyaksikan film tentang kepahlawanan nasional ini," kata pemeran utama Tjoet Nya' Dhien, Christine Hakim dalam rilis resminya dikutip Antara, Rabu (19/5/2021).

Christine mengatakan jika tidak ada berhalangan, sejumlah pejabat negara lainnya juga akan ikut menyaksikan film Tjoet Nya' Dhien.

Menurut Christine, gerakan kembali ke bioskop untuk menonton film nasional perlu mendapat dukungan penuh. Pemutaran kembali Tjoet Nya' Dhien pun memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk menikmati kembali film kolosal yang menyabet delapan Piala Citra pada 33 tahun silam.

Film yang disutradarai oleh Erros Djarot ini sudah direstorasi di Belanda, dan disesuaikan dengan teknologi mutakhir sehingga gambarnya lebih tajam dan terang. Untuk kepentingan teknis, panjang film juga telah dipotong menjadi di bawah 2 jam.

Pemutaran perdana sengaja dipilih pada Hari Kebangkitan Nasional, karena film ini mengandung unsur kepahlawanan dan nasionalisme yang tinggi. Selanjutnya, jika sambutan penonton antusias, film juga akan tayang di berbagai bioskop lainnya.

Film Tjoet Nya' Dhien pernah ditayangkan di Festival Film Cannes , Prancis, pada 1989. Waktu itu Tjoet Nya' Dhien masuk program La Semaine de la Critique untuk film panjang.

"Jangan lupa di film ini kita juga dapat belajar tentang kesetiaan dan pengkhianatan dari orang-orang di sekitar kita," kata Christine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro