Jack Ma, pendiri e-commerce raksasa dari China, Alibaba, tertawa saat acara di Universitas Tel Aviv, Israel, 3 Mei 2018./Reuters
Health

Bikin Umur Panjang, Ini Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Newswire
Rabu, 2 Juni 2021 - 08:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tertawa adalah respons fisiologis manusia terhadap humor. Ketika Anda tertawa terbahak-bahak. maka dapat terjadi banyak perubahan pada bagian tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Peneliti menemukan, bahwa tertawa mampu menambah jangka waktu hidup seseorang, lalu apakah ada manfaat lainnya?

Dilansir dari Help Guide, berikut lima manfaat tertawa bagi kesehatan:

1. Merilekskan Tubuh

Tertawa yang baik dan hangat dapat mengurangi ketegangan fisik dan stres, ia turut membuat otot merasa rileks hingga 45 menit setelah tertawa.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tertawa menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel kekebalan dan antibodi penangkal infeksi, sehingga meningkatkan daya tahan Anda terhadap penyakit.

3. Memicu Pelepasan Hormon Endorfin

Saat tertawa, tubuh meningkatkan pelepasan zat hormon endorfin yang membantu meningkatkan perasaan nyaman, dan membantu menghilangkan rasa sakit untuk sementara.

4. Melindungi Hati

Tertawa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu melindungi diri dari serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

5. Memperpanjang Usia

Sebuah penelitian di Norwegia menemukan, bahwa orang dengan selera humor kuat hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak banyak tertawa. Perbedaan mencolok terlihat pada mereka yang hidup melawan kanker.

Melihat banyaknya manfaat tertawa bagi kesehatan sudah sepatutnya membuat Anda mulai membiasakan sering tertawa daripada cemberut mulai dari sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro