Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia 6 Buah dan Sayur Anti Stres

Selain menjaga kesehatan, buah dan sayur ternyata bisa menjadi makanan penangkal dan anti stres
 Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 03 Juni 2021  |  18:17 WIB
Alpukat - boldsky.com
Alpukat - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Semenjak tren pandemi, banyak dari kita yang mengalami rasa jenuh, stres, ataupun hingga burnout. Oleh karena itu, berikut makanan yang wajib untuk kamu konsumsi, agar kamu tidak mudah mengalami stres.

Dilansir dari pinkvilla, Ahli gizi Vidhi Chawla berbicara mengenai produk segar dan makanan yang dapat kamu konsumsi, ataupun kamu sertakan kedalam menu diet anda. Hal ini perlu agar membantumu dapat menenangkan dari rasa stres, dan rasa kecemasan anda.

Beberapa ahli dan juga dokter mempelajari bahwa setiap makanan yang kita konsumsi, maka dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Hal ini terjadi dikarenakan ada hubungan antar otak dan perut, yakni adanya dampak pada aktivitas neurotransmiter dan otak secara kimia.

Hal dapat berpengaruh pada perilaku yang terkait dengan kecemasan, terutama jika terdapat nutrisi yang tidak cukup.
Oleh karena itu, berikut sayuran dan buah yang dapat kamu konsumsi, terutama untuk mengurangi rasa cemas dan rasa stres!

Berikut daftar buah dan sayur yang bisa menangkal stres :

1. Alpukat

Tahukah kamu bahwa vitamin B6 di dalam alpukat memproduksi banyak neurotransmiter termasuk serotonin yang dapat mempengaruhi suasana hati? Vitamin B-nya juga dapat mengurangi kecemasan, stres, lemak, dan bahkan dapat membantu pelebaran sel darah. Vitamin E dalam alpukat juga larut di dalam lemak dan hanya dapat ditemukan pada makanan tinggi lemak seperti alpukat! Kamu dapat membuat toast dengan alpukat diatasnya, salad, ataupun smoothie untuk meningkatkan serat dan lemak yang sehat ke dalam dietmu.

2. Blueberry

Pernah merasa gugup, atau merasa depresi? Tubuh kamu perlu untuk mendapat asupan vitamin C, yakni kandungan di dalam Blueberry. Buah ini memiliki kandungan antioksidan flavonoid, yang memiliki sifat neuroprotektif dan sifat anti-inflamasi. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan pencegahan kerusakan terkait stres

3. Bayam

Kalau kamu merasa sakit kepala, kelelahan, dan bahkan mengalami rasa stres terutama pada tubuh, penting untuk kamu memakan makanan yang memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Kandungan tersebut ada di dalam bayam yang kaya akan folat, yang membantu mengatur suasana di dalam hati. Kamu cukup menambahkan salad dengan secangkir bayam, yakni sekitar 225 gram.

4. Brokoli

Tahukah kamu bahwa kandungan di dalam brokoli dapat membantu mengurangi risiko kanker seperti jantung dan gangguan kesehatan mental termasuk depresi? Brokoli adalah sumber makanan yang memiliki nutrisi dengan terkonsentrasi nutrisi tertentu yang cukup tinggi seperti magnesium, vitamin C, dan folat.

5. Swiss Chard

Sayuran berdaun hijau ini memiliki nutrisi anti-stres yang cukup tinggi. Ketika kita mengalami stres, mineral di dalam tubuh cukup rendah sehingga menimbulkan rasa kecemasan dan panik. Jika kamu mengalami stres kronis, maka dapat menguras magnesium tubuhmu loh. Dengan kamu mengonsumsi satu cangkir lobak swiss (yakni sekitar 175 gram), maka dapat menyediakan 36% asupan magnesium harian, terutama untuk respon stresmu.

6. Jeruk

Jeruk yang memiliki kandungan vitamin C ini, dapat kamu konsumsi sembari bersantai dan dapat mengurangi rasa stresmu. Dengan nutrisi yang dikandung di dalam jeruk, maka dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol yang berdampak dalam memberikan kerusakan di dalam tubuh. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi jeruk, karena kandungannya dapat membantu memberikan kekebalan tubuh yang terganggu dikarenakan stres.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buah stres
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top