Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

12 Arti Mimpi yang Sering Dialami Orang

Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 06 Juni 2021  |  14:14 WIB
Ilustrasi mimpi
Ilustrasi mimpi

Bisnis.com, JAKARTA - Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat. Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi.

Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebut oneirologi.

Mimpi terjadi pada tahap kecepatan pergerakan mata ketika tidur, di mana aktivitas otak tinggi dan seolah-olah dalam keadaan terbangun. Panjangnya mimpi bervariasi, minimal beberapa detik, atau sekitar 20-30 menit. Pendapat mengenai makna mimpi bervariasi berdasarkan waktu dan budaya.

Kebanyakan penggemar Teori Freud setuju dengan makna penglihatan dalam mimpi merupakan penampakan dari hasrat dan emosi yang tersembunyi. Beberapa teori lain menunjukkan bahwa mimpi merupakan tahap pembentukan memori, penyelesaian masalah, atau sekadar produk dari aktivasi otak.

Lauren Lawrence Kolumnis analisis mimpi sekaligus pembawa acara acara Celebrity Nightmares Decoded menjabarkan 10 arti mimpi yang biasa dialami orang, seperti dilansir dari mentalfloss berikut ini:

1. Mimpi jatuh

Loewenberg menyebut mimpi ini sebagai “bendera merah dari alam bawah sadar Anda.” Dia percaya mimpi ini biasa terjadi pada orang yang memiliki masalah hidup yang besar dengan pekerjaan, hubungan, atau di tempat lain. Karya Grant sependapat dengan sudut pandang ini, bahkan mengutip contoh yang sama.

2. Gigi rontok

Para ahli sangat tidak setuju dengan yang satu ini. Wallace memandang gigi sebagai simbol kekuatan dan kepercayaan diri. Mimpi ini konon merupakan pertanda bahwa sesuatu terjadi dalam kehidupan si pemimpi yang menyebabkan dia kehilangan kepercayaan diri. Menurut Grant, gigi adalah pertanda buruk dan mewakili hubungan yang rusak. Lawrence memiliki jawaban Freudian untuk mimpi ini. Bagi wanita, dia percaya mimpi itu adalah contoh pemenuhan keinginan—mereka ingin hamil. Bagi pria, itu adalah keinginan untuk rangsangan seksual.

3. Datang ke kantor atau sekolah telanjang

Para ahli sebagian besar setuju bahwa mimpi ini mewakili kerentanan dan kecemasan. Penelitian Wallace mengungkapkan bahwa mimpi ini adalah “umum bagi orang-orang yang telah menerima promosi, pergi ke pekerjaan baru, atau yang tampil di depan umum.”

4. Mimpi mengikuti sebuah tes

Lawrence telah mengamati bahwa hanya perfeksionis yang cenderung memiliki mimpi ujian yang berulang dan membuat stres. Dia menuduh bahwa mimpi itu mengingatkan seseorang untuk tetap waspada. Loewenberg percaya bahwa pada orang dewasa, mimpi-mimpi ini menarik kesejajaran antara sekolah dan pekerjaan. Karena kedua tempat melihat banyak situasi penuh tekanan, Loewenberg mengaitkan mimpi ini dengan stres kerja.

5. Mimpi sekarat dan meninggal

Interpretasi Lawrence adalah bahwa mimpi ini “mengungkapkan keinginan untuk mengakhiri sesuatu dalam hidup: hubungan, pekerjaan, jalur karier, atau bahkan masa lalu.” Kamus Grant menekankan bahwa mimpi ini belum tentu mimpi buruk. Sebaliknya, ia berulang kali menyatakan bahwa itu adalah mimpi yang dimaksudkan untuk mendorong seseorang untuk memulai usaha baru atau awal yang baru.

6. Bertemu selebriti

Wallace menyebut ini sebagai salah satu impian yang paling banyak dimiliki kliennya. Dia percaya selebriti yang sebenarnya relevan dan dapat mengungkapkan bakat apa yang dihargai oleh si pemimpi. Dalam Dream on It, Loewenberg menulis bahwa selebriti adalah simbol kebutuhan pribadi akan pengakuan.

7. Dikejar

Meskipun mimpi ini terasa seperti mimpi buruk, Wallace menganggapnya sebagai pertanda positif. Dia percaya bahwa mimpi ini seharusnya mendorong si pemimpi untuk akhirnya menghadapi masalah yang menggantung di kepalanya. Loewenberg menemukan mimpi ini lebih sering pada wanita daripada pria.

8. Pasangan selingkuh

Sebagian besar otoritas ini setuju bahwa mimpi ini tidak boleh dianggap sebagai kewaskitaan. Menurut Loewenberg, "Mimpi selingkuh terjadi ketika pasangan Anda menghabiskan terlalu banyak waktu dan perhatian untuk sesuatu yang tidak melibatkan Anda." Demikian pula, Lawrence mencatat kurangnya kepercayaan dalam hubungan romantis cenderung memicu mimpi ini.

9. Datang terlambat

Mimpi ini mungkin merupakan pertanda bahwa seseorang kewalahan dan melakukan terlalu banyak, menurut Wallace. Pada catatan terkait, Grant menafsirkan keterlambatan ini sebagai peringatan: "Jangan membuat janji yang tidak bisa Anda tepati."

10. Terbang

Wallace mengklaim bahwa mimpi itu mendorong seseorang untuk melepaskan masalah saat ini dan membiarkan segala sesuatunya "jatuh secara alami ke tempatnya." Demikian pula, terbang adalah tanda bahwa ada situasi di luar kendali dalam kehidupan nyata, menurut Grant.

11. Hamil

Grant memahami mimpi ini sebagai tanda bahwa si pemimpi sedang mengalami masalah. Lawrence memandangnya sebagai kebutuhan, baik untuk memulai proyek kreatif atau menjadi orang tua. Atau mimpi itu mungkin mewakili ide baru yang baru saja datang kepada orang tersebut, seperti yang diyakini Loewenberg.

12. Mengemudi kendaraan yang tidak terkendali

Penafsiran mimpi ini sama klise seperti yang diharapkan. Misalnya, Wallace menulis, "Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak memiliki cukup kendali di jalan menuju kesuksesan." Grant memperingatkan bahwa ini adalah tanda bahwa kebiasaan buruk saat ini dapat menjadi masalah jangka panjang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

psikologi makna mimpi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top