Pergelangan kaki bengkak
Health

Pergelangan Kaki Anda Bengkak? Hati-hati Kolesterol Tinggi

Mia Chitra Dinisari
Senin, 7 Juni 2021 - 15:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolesterol tinggi sebagian besar adalah kondisi tanpa gejala, tetapi jika Anda secara genetik cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, ini dapat ditandai dengan perubahan pada tendon achilles Anda.

Gejala dapat muncul jika Anda memiliki hiperkolesterolemia familial (FH), suatu kondisi genetik di mana Anda memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi dalam darah Anda.

"Ini disebabkan oleh mutasi genetik yang berarti hati Anda tidak dapat membuang kelebihan kolesterol 'jahat', yang dikenal sebagai LDL," jelas British Heart Foundation (BHF) dilansir dari Express.

Anda mungkin melihat sejumlah perubahan fisik pada tubuh Anda jika Anda memiliki FH.

Pembengkakan yang disebabkan oleh kolesterol pada tendon Achilles Anda di bagian belakang pergelangan kaki Anda bisa menjadi pertanda.

Dikutip dari Alodokter, gejala yang umum adalah klaudikasi. Rasa nyeri pada kaki ini diakibatkan arteri tersumbat sehingga tidak bisa mengantarkan cukup darah ke kaki untuk menstabilkan tenaga. Jika terserang rasa ini, kaki Anda akan terasa berat atau lelah bahkan teasa sakit seperti terbakar.

Rasa sakit bisa terjadi di bagian kaki manapun, dari betis hingga paha dan bokong. Rasa sakit itu terjadi saat berjalan dalam jarak tertentu. Lalu terjadi lagi saat berjalan dalam jarak yang sama.

Yang lainnya adalah saat tidur, Anda mungkin pernah mengalai kram atau kejang, biasanya di bagian tumit atau kaki depan. Darren Schneider, MD, Direktur Pusat Bedah Vaskular dan Endovaskular di Rumah Sakit Presbyterian New York / Weill Cornell Medical Center mengungkapkan, rasa sakit di kaki bisa dihilangkan dengan menjuntaikan kaki dari tempat tidur atau duduk di kursi. Cara ini memungkinkan aliran darah turun ke kaki.

Tanda-tanda peringatan lainnya jika Anda mengalami kolesterol termasuk berikut ini:

1. Xanthelamas: Ini adalah gumpalan kecil kolesterol di dekat sudut dalam mata Anda. Mereka biasanya berwarna kuning.
2. Kornea arcus: Ini adalah cincin putih pucat di sekitar iris Anda, bagian berwarna dari mata Anda. Jika Anda berusia di bawah 50 tahun dan memiliki arkus kornea, itu pertanda kuat bahwa Anda menderita FH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro