Diet/Endoc
Health

Inilah Diet Vegan yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Sartika Nuralifah
Kamis, 10 Juni 2021 - 19:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diet sehat merupakan salah satu kunci dalam pengelolaan diabetes. Jika kita memiliki kondisi ini, kita mungkin bertanya-tanya apakah pola makan vegan dapat membantu kita mengelola diabetes dengan baik? atau, mungkin kita mengikuti pola makan vegan dan baru-baru ini didiagnosis menderita diabetes.

Untuk mengejar atau melanjutkan pola makan vegan dan bagi penderita diabetes, penting untuk memahami cara merencanakan makan, berbelanja, dan memantau diri sendiri. Meskipun pola makan vegan bukan satu-satunya pola makan yang dapat membantu mengelola diabetes, kondisi ini dapat dikelola dengan mengikuti pola makan vegan.

Bagaimana pola makan vegan untuk penderita diabetes?

Pola makan vegan benar-benar bebas dari daging, susu, dan produk hewani. Meskipun ini bisa menjadi cara makan yang bergizi, ini membutuhkan perencanaan yang matang untuk memastikan kita memenuhi semua kebutuhan nutrisi. Untuk penderita diabetes, mengikuti pola makan vegan membutuhkan lapisan perencanaan ekstra.

Secara umum, penderita diabetes perlu menjaga asupan karbohidrat mereka dan konsisten sepanjang hari, karena karbohidrat mempengaruhi kadar gula darah lebih signifikan daripada protein dan lemak.

Makanan dan camilan juga harus seimbang dengan karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Hal ini karena memasukkan makanan nonkarbohidrat dalam makanan yang akan dikonsumsi dapat membantu mengurangi efek karbohidrat pada gula darah. Semua ini dapat dilakukan dengan menggunakan makanan nabati secara eksklusif, meskipun mungkin tidak mudah untuk mengenal pola makan vegan.

Berikut adalah beberapa contoh karbohidrat, protein, dan lemak yang dapat di gunakan untuk membuat makanan dan camilan jika kita mengikuti pola makan vegan untuk diabetes.

1.    Karbohidrat: tepung gandum utuh (roti, pasta), nasi, kentang, oat, bubur jagung, quinoa, buah (segar, beku, atau kalengan tanpa pemanis), jagung

2.    Protein: kedelai dan produk kedelai (tahu, tempe), kacang-kacangan, lentil, kacang polong, kacang tanah, selai kacang, biji-bijian, alternatif daging nabati

3.    Lemak: minyak zaitun, minyak alpukat, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, kelapa, olesan nabati.

Beberapa manfaat potensial yang didukung penelitian dari pola makan vegan untuk diabetes termasuk peningkatan manajemen gula darah, sensitivitas insulin, dan manajemen berat badan. Tetapi, ada beberapa potensi kerugian dari pola makan vegan secara umum,khususnya bagi penderita diabetes. Untungnya, kerugian ini dapat dihindari dengan perencanaan yang matang. Kekurangan nutrisi, protein yang tidak memadai, karbohidrat yang berlebihan.

Ingin berhasil dalam menjalankan diet vegan untuk diabetes? Berikut adalah beberapa tips untuk memulai diet vegan.

1.    Buatlah perencanaan makan.

2.    Makan banyak sayuran non-starchy.

3.    Seimbangkan makan dan camilan.

4.    Konsumsi suplemen dengan bijak.

5.    Campurkan protein.

6.    Pantau gula darah secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro