Ilustrasi pembekuan darah. /istimewa
Health

Kenali Penggumpalan Darah Akibat Covid-19 dan Cara Menanganinya

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 21 Juni 2021 - 09:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penggumpalan dara adalah salah satu dari banyak komplikasi yang kami ditimbulkan dari kasus Covid-19. Selain penggumpalan pembuluh darah, terlihat bahwa virus Covid-19 juga meningkatkan risiko pembekuan di arteri yang disebut trombosis arteri.

Gumpalan darah tersebut dapat memblokir sirkulasi darah di ekstremitas yang mengarah ke infeksi. Hanya dengan amputasi atau pengangkatan anggota badan satu-satunya pilihan untuk menyelamatkan nyawa pasien. Gumpalan darah ini juga dapat menyebar ke seluruh tubuh dan menimbulkan malapetaka pada organ lainnya.

Raghuram Sekhar, Konsultan Bedah Vaskular dan Endovaskular di Rumah Sakit Kokilaben Dhirubhai Ambani, menjelaskan bahwa ketika aliran darah di arteri tersumbat oleh gumpalan, suplai oksigen ke bagian tubuh terputus. Akibatnya itu mengarah ke gangren atau matinya jarigan tubuh karena infeksi. Jika tidak ditangani tepat waktu, itu harus menyebabkan amputasi anggota badan.

“Saya telah merawat lebih dari 35 pasien Covid-19 dengan pembekuan darah ini di anggota badan selama pandemi. Pada gelombang kedua, saya telah melihat kasus pada orang yang lebih muda di bawah usia 32 tahun. Gumpalan darah gangren ini agresif dan sulit diobati,” ujarnya seperti dilansir dari indiananexpress, Senin (21/6/2021).

Ada lima tanda awal pembekuan darah terkait Covid-19 yang harus diwaspadai.

Pertama adalah nyeri pada anggota badan yang intensitasnya meningkat secara bertahap. Dari waktu ke waktu, nyeri membuat pasien merasa sangat sakit.

Kedua adalah paresthesia, yaitu mati rasa pada jari tangan dan kaki.

Ketiga adalah kelumpuhan, di mana pasien kehilangan kemampuan untuk gerakan anggota tubuhnya.

Keempat adalah pucat, itu karena kurangnya suplai darah, yang kemudian membuat anggota badan menjadi biru atau hitam seiring waktu. Pucat di iringi dengan suhu tubuh yang dingin adalah salah satu tanda pertama gangren telah terjadi.

Kelima ialah tidak dapat merasakan denyut nadi pada anggota gerak.

Sekhar menyarankan pasien Covid-19 yang telah pulih agar mewaspadai gejala-gejala tersebut. Jika diketahui tepat waktu dan ditangani dengan cepat, pasien tersebut dapat sembuh total dari penyakitnya.

Masa keemasan untuk mengobati pembekuan darah adalah 6-8 jam pertama setelah gejalanya terlihat. Selama waktu ini, jika pasien berkonsultasi dengan ahli bedah vaskular, pengobatan dapat dilakukan dan anggota badan dapat diselamatkan.

Dalam kebanyakan kasus ketika seorang pasien tiba di rumah sakit dengan gejala-gejala ini, ahli bedah vaskular akan memeriksanya dan melakukan prosedur yang disebut doppler vaskular.

Doppler vaskular adalah sonografi untuk pembuluh darah guna menunjukkan penyumbatan. Setelah prosedur tersebut dilakukan, maka masuk tahap angiografi.

Sama seperti ketika angiografi dilakukan pada jantung untuk serangan jantung, angiografi perifer dilakukan pada tungkai dalam kasus trombosis arteri. Ini membantu ahli bedah vaskular untuk menyimpulkan tingkat keparahan gumpalan dan membentuk rencana perawatan.

Jika pasien tiba di rumah sakit pada tahap awal, yaitu dalam waktu 8 jam hingga maksimal 24 jam, bekuan darah mungkin belum mengeras sepenuhnya. Dalam kasus tersebut, trombolisis atau trombosuction dapat dilakukan selama angiografi itu sendiri, di mana obat-obatan dan bahan kimia yang diresepkan dikirim melalui pembuluh darah untuk melarutkan gumpalan.

Kadang-kadang, pasien mungkin datang terlambat dan pada saat ini, gumpalan telah mengeras dan tidak dapat diobati dengan trombolisis.

Ini kemudian membutuhkan operasi terbuka, dengan pasien di bawah anestesi penuh dan sayatan dibuat untuk mencapai gumpalan di pembuluh darah. Prosedurnya disebut Embolektomi. Ini juga cukup berhasil, jika pasien datang ke rumah sakit dalam 1-2 hari pertama.
Dengan demikian, jika didiagnosis tepat waktu, anggota badan dapat diselamatkan dari gangren dan amputasi.

Singkatnya, pasien harus mengetahui dan membaca dengan baik tentang gejala trombosis arteri, sambil secara aktif membuat orang-orang di sekitar mereka menyadari hal yang sama. Saya tekankan lagi bahwa segera setelah gejala mulai muncul, seseorang harus berkonsultasi dengan ahli bedah/fasilitas vaskular sedini mungkin untuk menghindari gangren dan amputasi dan terus menjalani hidup yang utuh dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro