Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Sembarangan, Ini Syarat Diet yang Tepat dari Ahli Gizi

Menurut Tiwi, untuk menghidari hal yang mengancam kesehatan tubuh, seseorang harus memenuhi syarat untuk diet. Syarat diet yang diperbolehkan yaitu untuk penyembuhan atau mencegah penyakit.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 23 Juni 2021  |  16:14 WIB
Jangan Sembarangan, Ini Syarat Diet yang Tepat dari Ahli Gizi
Ahli Gizi, Pratiwi, S.Gz

Bisnis.com, JAKARTA— Menurunkan Badan atau berdiet menjadi gaya hidup yang dipilih untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Alih-alih mendapatkan berat dan bentuk tubuh ideal, diet yang tidak tepat justru menimbulkan masalah pada kesehatan.
Ahli Gizi, Pratiwi, S.Gz mengatakan jika diet tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang. Harus ada manfaat bagi tubuh dari diet tersebut. Melakukan diet harus memiliki tujuan yang jelas. Jika diet tanpa tujuan itu akan membahayakan kesehatan.

“Misalnya, seseorang tersebut ingin diet karena ingin menguruskan badan, namun sebenarnya tubuhnya sudah ideal. Namun karena menjalankan diet yang tidak tepat justru membuatnya kekurangan gizi dan menimbulkan penyakit lain,” ujarnya secara virtual pada acara Lauch of GorryWell App, Rabu (23/6/2021).

Menurut Tiwi, untuk menghidari hal yang mengancam kesehatan tubuh, seseorang harus memenuhi syarat untuk diet. Syarat diet yang diperbolehkan yaitu untuk penyembuhan atau mencegah penyakit.

Diet untuk penyembuhan itu biasanya karena seseorang memiliki riwayat makanan atau porsi yang harus dihindari. Oleh karena itu, agar penyakitnya tidak kambuh atau bertambah parah , mereka akan menghidari makanan yang memicu gejala.
Seperti halnya ketika seorang penderita darah tinggi, mereka akan diajurkan untuk diet makanan yang memicu tekanan darahnya melonjak.

Lalu diet untuk mencegah penyakit bisa dakarenakan seseorang tersebut tidak ingin obesitas. Dengan obesitas akan menimbulkan beragam penyakit pengiring lainnya. Untuk menghidari hal tersebut, seseorang akan diajurkan untuk diet yang seimbang agar berat badannya stabil.

“Terkadang seseorang melakukan diet hanya untuk titik rekresi saja bukan untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu harus dipelajari dulu diet apa yang tepat untuk masing-masing kondisi tubuh. Dengan begitu diet akan sangat bermanfaat pada kesehatan tubuh,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menu diet seimbang diet
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top