Kesehatan mental/istimewa
Health

Jangan Panik, Ini 4 Tips Agar Mental Terjaga Saat Isolasi

Lukman Nur Hakim
Selasa, 29 Juni 2021 - 14:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Efek dari virus Covid-19 bukan hanya menyerang keadaan fisik seseorang yang terjangkit virus tersebut, tetapi juga mengancam kesehatan mental. Mengapa demikian? Sebab adanya stigma negatif jika terjangkit virus ini yang akan dikucilkan di masyarakat. 

Selain itu, jika terjangkit virus ini anda harus melakukan isolasi yang dimana tak dapat bertemu dengan orang luar serta tidak dapat keluar dari tempat isolasi anda. Hal itu akan membuat pikiran kalian jenuh dan malahan bisa mengancam mental kalian.

Jika terjadi, hal itu sangat akan berdampak kepada proses pemulihan dari virus tersebut. Karena kesehatan fisik dan mental akan berpengaruh kepada proses pemulihan dari virus Covid-19 ini. Dilansir dari Pinkvilla.com, Selasa (29/6/2021) ada beberapa tips agar mental anda terjaga ketika melakukan isolasi.

1. Pastikan untuk terus memeriksa kesehatan Anda

Makan makanan yang seimbang, minum banyak cairan dan istirahat yang cukup. Minumlah cairan panas jika Anda sakit tenggorokan dan praktekkan kebersihan tangan yang baik. Perhatikan juga makanan yang anda minum agar tidak terlalu sering memakan junk food.

2. Perbanyak rutinitas

Tahan keinginan untuk hanya berbaring dan tidak melakukan apa-apa. Jadilah produktif dan efisien tetapi juga pastikan untuk tidak terlalu memaksakan diri. Ciptakan keseimbangan antara melakukan tugas dan meluangkan banyak waktu untuk bersantai. Setidaknya luangkan 30 menit dalam sehari untuk berolahraga.

3. Kurangi cemas berlebih

Anda dapat mencoba meditasi atau melatih kesadaran untuk menjauhkan pikiran negatif dan meningkatkan kesehatan mental Anda serta mengatasi masalah seperti stres dan kecemasan.

4. Isolasi bukan berarti sendiri 

Berusahalah untuk tetap terhubung dengan teman dan anggota keluarga Anda. Terhubung dengan mereka melalui panggilan video dan bermain game dengan mereka secara virtual agar tidak merasa sendirian. Tetap terhubung membuat pikiran anda menjadi positif dan mental kalian terjaga selama isolasi,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro