Ilustrasi lasik mata
Health

Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Operasi Lasik Mata

Sartika Nuralifah
Kamis, 1 Juli 2021 - 19:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lasik adalah operasi koreksi penglihatan untuk miopia, hiperopia, dan astigmatisme melalui bantuan laser.

Hal ini membutuhkan dokter mata untuk menggunakan alat yang disebut microkeratome untuk memperbaiki dan membentuk kembali kornea, sehingga meningkatkan ketajaman visual.

Kebanyakan orang memilihnya sebagai solusi jangka panjang untuk kacamata atau lensa kontak, beberapa juga cenderung skeptis menjalani operasi ini dan menghubungkannya dengan mitos yang tak terhitung banyaknya.

Dr. Yogesh Khandvi, seorang dokter mata di India mengatakan lasik adalah operasi teraman di dunia.

Menurutnya, sebelum operasi, diperlukan tes tertentu dan pemeriksaan klinis mata yang mengukur bentuk dan ketebalan, tekanan intraokular, ukuran pupil, pelumasan mata, refraksi dan yang paling penting analisis kornea. Jika mata seseorang sehat dan cocok untuk menjalani prosedur pembedahan maka hanya pasien yang disarankan untuk lasik.

Hal terbaik tentang operasi ini adalah tidak menimbulkan rasa sakit dan dalam waktu singkat. “Seseorang dapat menghadapi sedikit ketidaknyamanan atau tekanan selama operasi sementara pasca operasi mata Anda mungkin mengalami rasa sakit atau tertekan selama satu atau dua jam, tetapi itu benar-benar bagian dari proses penyembuhan dan tidak terlalu parah,” Dr. Khandvi kata.

Dia menjelaskan tentang 3 jenis operasi lasik yang tersedia dengan biaya yang berbeda.

1. Lasik yang disesuaikan dengan kondisi mata

Lasik adalah perawatan yang banyak digunakan dan dipilih terutama oleh orang India. Ini memerlukan penggunaan pisau mekanis atau mikrokeratom untuk pembentukan flap. Kemudian justru menghilangkan jaringan untuk memperbaiki kornea.

2. Femto Lasik

Ini adalah operasi lasik tanpa pisau yang sedikit lebih presisi dan canggih daripada operasi lasik tradisional. Di sini laser femtosecond digunakan dalam proses pembuatan flap.

3. Smile Lasik

Smile Lasik atau Small Incision Lenticule Extraction adalah operasi laser tanpa flap dan tanpa pisau. Operasi ini membutuhkan waktu penyembuhan atau istirahat yang sedikit lebih lama daripada dua operasi sebelumnya.

Bagaimana cara untuk menentukannya?

Karena ada perbedaan drastis antara biaya operasi yang tersedia. Dokter mengklarifikasi bahwa meskipun ada perbedaan biaya, tidak ada perawatan tertentu yang dianggap sebagai yang terbaik atau rata-rata. “Perbedaannya karena instrumen yang digunakan dan prosedur operasinya. Ketiga operasi tersebut memiliki hasil yang serupa.” kata dr Yogesh.

Teknologi dan perawatan yang tersedia telah disetujui dan disetujui oleh FDA dan berbeda satu sama lain karena evolusi teknik laser bias.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro