Ilustrasi vitamin dan suplemen yang bisa dikonsumsi pasien Covid-19/Freepik
Health

Lengkap! Daftar 16 Vitamin dan Suplemen untuk Pasien Covid-19

Feni Freycinetia Fitriani
Jumat, 2 Juli 2021 - 15:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin dan suplemen memiliki peran penting untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas pasien Covid-19. Vitamin dan suplemen dapat dikonsumsi jika Anda memiliki gejala Covid-19 yang relatif ringan.

Namun, bagi Anda yang berisiko tinggi mengalami komplikasi Covid-19, misalnya berusia atas usia 65 tahun, diabetes, COPD, penyakit jantung, penyakit ginjal, HIV , asma, menjalani perawatan kanker), sebaiknya konsultasikan pengobatan ke dokter spesialis.

Berikut daftar 16 vitamin dan suplemen yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan Anda untuk melawan virus Covid-19 seperti dilansir dari medicinenet.com:

1. Vitamin C
Vitamin C dapat membantu Anda melawan pilek lebih cepat atau meredakan gejala pilek jika Anda meminumnya sebelum sakit. Sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan, khususnya radang paru-paru.

2. Vitamin D
Fungsi utama vitamin D adalah membantu tubuh Anda mempertahankan kadar kalsium dan fosfor darah yang optimal. Anda bisa mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar ultraviolet matahari, suplemen, dan makanan yang Anda makan.

3. Vitamin B Complex
Vitamin B Complex atau B6 sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi prima. Pastikan untuk mendapatkan cukup vitamin B sebagai suplemen.

4. Zinc (Seng)
Zinc atau Seng juga telah ditemukan untuk membantu memproduksi dan mengaktifkan sel-T (limfosit-t), yang memicu tubuh untuk merespons infeksi. Untuk pemulihan yang lebih cepat, mulailah mengonsumsi zinc untuk mengobati penyakit Anda dalam 24 jam pertama gejala.

5. Elderberry
Penuh dengan sifat antivirus dan anti-inflamasi, sirup elderberry digunakan sebagai obat untuk pilek, flu, dan infeksi sinus bakteri. Elderberry bekerja dengan mengurangi pembengkakan pada selaput lendir.

6. Jamur
Jamur kaya akan selenium dan vitamin B seperti riboflavin dan niacin, yang dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap berjalan optimal. Jamur juga tinggi polisakarida, molekul seperti gula yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

7. Astragalus
Astragalus merupakan ramuan yang akarnya digunakan dalam pengobatan. Astragalus biasanya digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengobati flu biasa, infeksi saluran pernapasan atas, alergi musiman, flu babi, astragalus juga digunakan untuk melawan bakteri dan virus.

8. Selenium
Selenium adalah mineral dengan berbagai kegunaan, termasuk mencegah flu burung dan flu babi. Sebagai antioksidan kuat, selenium dapat meningkatkan fungsi kekebalan, kecuali pada mereka yang memiliki gangguan autoimun, yang dapat mengalami dampak negatif pada sistem kekebalan mereka.

9. Bawang Putih
Sifat antivirus pada bawang putih dapat membantu mengurangi keparahan gejala pilek, flu, atau infeksi Covid-19.

Lengkap! Daftar 16 Vitamin dan Suplemen untuk Pasien Covid-19

10. Andrographis
Tanaman yang digunakan dalam pengobatan untuk berbagai penyakit, andrographis sering digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit dan penurun demam, dan untuk mengobati pilek dan flu.

11. Akar Licorice
Akar licorice, bila digunakan sebagai obat kumur, dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan, gejala umum virus Corona.

12. Pelargonium Sidoides
Dikenal sebagai Umckaloabo di antara nama-nama lain, pelargonium sidoides biasanya diminum untuk infeksi saluran pernapasan atas termasuk bronkitis, sinusitis, sakit tenggorokan, radang amandel, dan flu biasa.

13. Kunyit (Curcumin)
Curcumin berasal dari tanaman Curcuma longa, umumnya dikenal sebagai kunyit. Kurkumin dapat membantu melawan peradangan dan membantu respons kekebalan tubuh, seperti yang ditemukan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Molecules.

14. Echinacea
Echinacea telah digunakan untuk mengobati gejala pilek pada tanda-tanda pertama penyakit, tetapi penelitian tentang efektivitasnya bervariasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi echinacea dapat mengurangi risiko terkena flu sebesar 45-58 persen.

15. Propolis
Propolis digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan sebagai agen antioksidan dan anti-inflamasi. Beberapa bukti menunjukkan bahwa propolis dapat membantu mencegah atau mengurangi durasi pilek dan infeksi saluran pernapasan atas lainnya.

16. Acai Berry
Acai berry adalah antioksidan kuat dan stimulator sistem kekebalan tubuh, para peneliti mempelajarinya sebagai pengobatan potensial untuk semua jenis kondisi, dan sering disebut-sebut sebagai pendukung kesehatan umum dan fungsi kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro