Smoothies/
Health

6 Makanan yang Diam-diam Punya Kadar Gula Tinggi

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 8 Juli 2021 - 11:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Meskipun tidak manis, bukan berarti makanan tidak mengandung gula.

Banyak makanan sehat yang ternyata mengandung gula tersembunyi. Akibatnya, konsumsi makanan tersebut bukanlah menjadi sehat namun mengancam kesehatan.

Terlalu banyak konsumsi gula dapat peningkatan risiko banyak penyakit seperti termasuk obesitas, diabetes tipe 2, dan kanker.

Dilansir dari insider, Kamis (8/7/2021) berikut makanan yang diam-diam memiliki kandungan gula tinggi:

1. Minuman Kemasan

Jus buah kemasan mengandung gula yang banyak. Dibutuhkan banyak buah untuk membuat segelas jus, sehinga kandungan gula akan lebih banyak daripada buah utuh.

Studi telah menghubungkan konsumsi jus buah manis dengan peningkatan tipe diabetes.

Diabetes adalah kondisi kronis yang menyebabkan gula darah tinggi.
Tetapi risiko itu juga terkait dengan minuman manis buatan lainnya yang mungkin tampak sehat.

Minuman olahraga yang dipasarkan sebagai pilihan sehat juga mengandung gula tambahan. Bahkan, gula dalam jumlah tinggi dimaksudkan untuk memberi bahan bakar pada atlet sebelum dan sesudah berolahraga.

Hal yang sama berlaku untuk air kemasan dengan aneka rasa dan elektrolit. Sebotol vitaminwater biasanya mengandung sekitar 100 kalori dan 30 gram gula.

2. Yogurt Rendah Lemak

Hanya karena sesuatu yang rendah lemak tidak berarti itu sehat. Ternyata, tiap secangkir yogurt rendah lemak mengandung lebih dari 45 gram atau 11 sendok teh gula. Jumlah itu lebih dari batas harian konsumsi gula yang direkomendasikan. Yoghurt penuh lemak juga telah dikaitkan dengan hasil kesehatan yang lebih baik daripada pilihan rendah lemak. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari yogurt, pilihlah yogurt alami atau yogurt Yunani dengan tambahan gula yang sedikit.

3. Smoothies

Smoothie yang dibeli di toko cenderung mengandung banyak gula tambahan, pewarna buatan, dan kalori ekstra. Beberapa dari mereka mungkin tidak mengandung buah asli sama sekali. Ahli gizi, Beth Stark mengatakan daripada membeli smoothie di kedai jus, baiknya membuat yang sehat di rumah.

Smoothie yang seimbang harus mengandung beberapa protein dan lemak sehat untuk mengimbangi semua karbohidrat manis dari buah.

Smoothie yang bergizi seimbang akan menjaga gula darah tetap stabil dan membuat merasa kenyang lebih lama.

4. Granola

Jika Anda pernah bertanya-tanya apa yang menyatukan sebatang granola atau sekelompok gandum, jawabannya adalah tambahan gula.

Meskipun bahan dasar granola biasanya sehat dari bahan utuh, namun pada tahap akhir produk sering diproses dengan gula putih atau sirup jagung. Hal itu untuk mempermanis rasa dan memperpanjang umur simpan. Menambahkan cokelat atau buah ke dalam campuran makanan tersebut hanya akan meningkatkan kadar gula lebih jauh.

Membuat granola di rumah adalah salah satu cara untuk menghindari gula super-proses. Tetapi sebagian besar resep akan membutuhkan pemanis alami dalam jumlah banyak seperti madu atau sirup maple.

5. Bumbu Tertentu

Satu sendok makan kecap mengandung hampir 1 sendok teh gula. Satu porsi saus tomat atau saus barbekyu mengandung jumlah gula yang mengejutkan. Saus barbekyu biasanya lebih banyak mengandung gula hingga 33 persen.

Mencelupkan beberapa kentang goreng sepertinya tidak akan meningkatkan gula darah Anda, tetapi cobalah untuk membatasi berapa banyak bumbu yang di lgunakan pada BBQ berikutnya.

6. Oat Milk

Susu non-susu telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Jika Anda mengurangi produk susu untuk meningkatkan kesehatan, susu gandum mungkin bukan pengganti terbaik. Pakar nutrisi dan kesehatan Samantha Cassetty mengatakan bahwa banyak kliennya minum susu gandum tanpa mempertimbangkan kandungan gulanya. Dia mengatakan merek paling populer mengandung 7 gram gula tambahan per cangkir.

"Itu hampir dua sendok teh. Dan pikirkan, jika Anda menambahkannya ke kopi dan oatmeal dan latte sore Anda, itu akan menambah jumlah maksimum yang seharusnya dimiliki wanita dalam sehari," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro