Radang sendi/Istimewa
Health

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Tulang dan Persendian Anda Lemah di Usia Muda

Sartika Nuralifah
Jumat, 23 Juli 2021 - 11:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang-orang berpikir bahwa radang sendi adalah proses penuaan dan semua orang akan mengalaminya pada tahap tertentu.

Namun, kita melihat banyak lansia di sekitar kita yang tidak mengeluhkan nyeri sendi sama sekali. Jadi, penting untuk dipahami bahwa usia belum tentu menyebabkan masalah persendian.

Tetapi ada gaya hidup yang menyebabkan tulang lemah dan menimbulkan masalah persendian. Dengan menghindari beberapa kebiasaan, Anda dapat menurunkan tingkat keropos tulang dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Kebiasaan berikut ini pasti akan mempengaruhi kesehatan tulang Anda seperti dilansir dari India Today :

1. Merokok

Merokok tembakau menghasilkan sejenis atom yang disebut radikal bebas di jaringan tubuh Anda. Ini tidak hanya buruk untuk paru-paru Anda, tetapi juga dapat merusak tulang Anda. Orang yang merokok memiliki tingkat kepadatan tulang yang lebih rendah. Radikal bebas membunuh sel-sel yang membangun tulang Anda.

Merokok juga meningkatkan produksi hormon stres kortisol dan menurunkan produksi hormon kalsitonin. Kortisol diketahui menurunkan stok tulang kita dan di sisi lain kalsitonin mempertahankannya. Apalagi jika Anda sudah mengalami patah tulang, merokok memperlambat proses penyembuhan dengan merusak pembuluh darah Anda, membatasi kemampuan tubuh untuk memindahkan oksigen dan nutrisi melalui tubuh ke tempat patah tulang untuk penyembuhan.

2. Kurang bergerak

Orang yang tidak banyak bergerak memiliki risiko keropos tulang yang lebih cepat. Kontraksi otot membuat tulang Anda lebih kuat. Oleh karena itu, olahraga sangat penting untuk kesehatan tulang. Olahraga menahan beban dan jalan cepat dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda.

3. Minum terlalu banyak alkohol

Alkohol juga meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh Anda yang menyebabkan hilangnya stok tulang. Alkohol juga mengurangi tingkat testosteron dan estrogen dalam tubuh Anda. Hormon-hormon ini juga penting untuk kesehatan tulang.

4. Terlalu banyak konsumsi makanan asin

Saat asupan natrium Anda naik, tubuh Anda melepaskan lebih banyak kalsium dalam urin Anda. Faktanya, wanita dewasa dapat kehilangan 1 persen kepadatan tulang mereka setiap tahun dengan makan hanya satu gram tambahan natrium per hari. Jadi dianjurkan untuk mendapatkan kurang dari 2.300 miligram natrium setiap hari, dan oranag dewasa tidak lebih dari 1.500 miligram sehari.

5. Jarang berjemur dan jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Vitamin D penting untuk menjaga kekuatan tulang Anda. Tanpa vitamin D, tulang kita bisa menjadi tipis dan rapuh. Salah satu sumber utama vitamin D adalah tubuh Anda setelah terpapar sinar matahari, jadi jika Anda tidak menghabiskan cukup waktu di luar ruangan, Anda mungkin kekurangan nutrisi ini. Jika Anda tidak bisa keluar rumah untuk mendapatkan dosis vitamin D harian Anda, usahakan untuk makan sumber makanan seperti salmon, kuning telur, dan makanan yang diperkaya vitamin D.

Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Tetapi banyak orang dewasa tidak cukup makan makanan kaya kalsium. Untuk memastikan Anda mendapatkan cukup kedua nutrisi, bicarakan dengan dokter Anda tentang memulai suplemen yang mengandung kalsium dan vitamin D.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro