Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sering Merasa Lelah? Ini 9 Tips untuk Melawan Rasa Kelelahan

Stres bisa menghabiskan banyak energi dan menyebabkan tubuh menjadi lelah. Bagaimana cara mengelola stres?
Anissa Putri
Anissa Putri - Bisnis.com 29 Juli 2021  |  15:21 WIB
Ilustrasi - Digitaltrends
Ilustrasi - Digitaltrends

Bisnis.com, JAKARTA – Kelelahan merupakan penyakit yang pasti dialami oleh hampir seluruh orang di seluruh dunia.

Banyak kasus kelelahan disebabkan oleh stres, kurang tidur, pola makan yang buruk, dan faktor gaya hidup lainnya. 

Jika Anda merasa menderita kelelahan luar biasa, berikut 9 tips yang dapat dilakukan untuk melawan rasa kelelahan yang telah dilansir dari NHS, Kamis (29/7/2021):

  1. Menjaga Durasi Makan untuk Mengalahkan Rasa Lelah

Saat melakukan aktivitas setiap hari, cara terbaik untuk menjaga energi sepanjang hari adalah dengan menjaga durasi makan. Beri waktu antar makan makanan biasa dan camilan sehat setiap 3 hingga 4 jam.

Makanlah dengan porsi sedang agar membuat tubuh anda mudah mencerna makanan dan memberikan jarak lebih cepat untuk merasa lapar kembali. Lebih baik sering melakukan makan daripada makan dengan porsi besar namun lebih jarang agar tidak membuat tubuh menjadi lelah.

  1. Berolahraga

Banyak orang mungkin merasa bahwa olahraga adalah hal terakhir yang akan di pikiran untuk dilakukan setiap hari. Namun, olahraga yang teratur akan membuat Anda tidak terlalu lelah dalam jangka panjang, sehingga Anda akan memiliki lebih banyak energi. Mulailah dengan sedikit olahraga, tingkatkan secara bertahap agar menjadi rutinitas setiap hari yang menyenangkan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Jika tubuh Anda membawa kelebihan berat badan, itu bisa melelahkan. Ini juga memberi tekanan ekstra pada jantung yang dapat membuat lebih mudah lelah. Menurunkan berat badan dapat memberikan efek baik dan merasa jauh lebih energik.

Selain makan makanan sehat, cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya adalah dengan lebih aktif dan melakukan lebih banyak olahraga.

  1. Tidur Nyenyak

Banyak orang tidak mendapatkan tidur nyenyak karena selalu merasa waspada sepanjang hari. Cobalah untuk pergi tidur dan bangun di pagi hari pada waktu yang sama setiap hari, menghindari tidur siang, luangkan waktu untuk bersantai sebelum tidur agar Anda dapat tidur dengan nyenyak.

  1. Kurangi Stres

Stres dapat menghabiskan banyak energi dan menyebabkan tubuh menjadi lelah. Cobalah untuk memperkenalkan kegiatan yang dapat mengurangi kadar stres ke diri Anda. Lakukan yoga atau tai chi, mendengarkan musik atau membaca, menghabiskan waktu bersama teman, dan kegiatan apapun yang membuat Anda rileks akan meningkatkan energi Anda.

  1. Lakukan Terapi Bicara

Ada beberapa bukti bahwa terapi berbicara seperti konseling atau terapi perilaku kognitif dapat membantu melawan kelelahan yang disebabkan oleh stres, kecemasan, atau suasana hati yang buruk. Temui dokter umum untuk rujukan untuk perawatan bicara atau untuk saran tentang menemui terapis pribadi.

  1. Kurangi Kafein

Royal College of Psychiatrists merekomendasikan bahwa siapa pun yang merasa lelah harus mengurangi kafein. Dikatakan cara terbaik untuk melakukan ini adalah secara bertahap berhenti minum semua minuman berkafein selama periode 3 minggu.

Kandungan kafein dapat ditemukan di kopi, teh, soda, minuman berenergi, dan beberapa obat penghilang rasa sakit dan obat herbal. Cobalah untuk menghindari kafein sepenuhnya selama sebulan untuk melihat efek apakah benar Anda merasa lelah karena terlalu banyak mengonsumsi kafein.

  1. Kurangi Minum Alkohol

Meskipun beberapa gelas anggur di malam hari dapat membantu Anda tertidur, namun biasanya setelah minum alkohol dapat membuat kurang tidur. Hal tersebut dapat memberikan rasa lelah keesokannya, bahkan jika Anda telah tidur selama 8 jam penuh. Kurangi alkohol sebelum tidur. Anda akan mendapatkan istirahat malam yang lebih baik dan memiliki lebih banyak energi.

  1. Minum Lebih Banyak Air

Terkadang Anda merasa lelah hanya karena Anda mengalami dehidrasi ringan. Segelas air akan membantu, terutama setelah berolahraga.

Air adalah pilihan yang sehat dan murah untuk menghilangkan dahaga setiap saat, tidak mengandung kalori dan tidak mengandung gula yang dapat merusak gigi. Jika Anda tidak menyukai rasa air putih, coba tambahkan irisan lemon atau jeruk nipis agar dapat memberikan rasa.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stres lelah pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top