Kelelahan menjadi salah satu gejala yang dialami pasien Covid-19 setelah 6 bulan / Antara
Health

3 Faktor Psikis Ini Bisa Bikin Anda Merasa Lelah Tiada Akhir

Ni Luh Anggela
Kamis, 29 Juli 2021 - 16:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernahkah Anda merasa  hari-hari Anda begitu melelahkan seolah tiada ujungnya? Merasa seolah-olah punggung Anda memikul beban yang berat? Perasaan itu lumrah dialami karena setiap orang memiliki tanggung jawab atas diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya.
 
Beban merupakan sesuatu yang subjektif. Bisa jadi, sesuatu menjadi beban karena Andalah yang menciptakannya sebagai beban. Atau, beban tersebut benar-benar ada tetapi menjadi lebih berat karena persepsi dan manajemen diri. Ada baiknya untuk melakukan introspeksi diri terlebih dahulu.
 
dr Ida Rochmawati, seorang psikiatri di RSUD Wonosari menyebutkan, ada tiga hal yang tanpa disadari sering membuat seseorang kewalahan dan kelelahan. Kira-kira apa saja?
 
1. Membebani diri dengan target yang berlebihan

Seringkali seseorang terlalu menginginkan sesuatu tanpa melihat kapasitas dan sumber daya yang dimilikinya. Akibatnya, ia merasa lelah dan terengah-engah, tulis dr Ida melalui laman Instagramnya, Kamis (29/7/2021).
 
2. Menyediakan diri terlibat pada banyak aktivitas tanpa manajemen waktu yang baik

Ada orang-orang tertentu yang sulit untuk berkata 'tidak'. Padahal, tidak semua hal harus Anda sanggupi. Akhirnya, orang tersebut merasa terbelenggu karena sudah terlanjur berkomitmen.
 
3. Melakukan banyak hal dalam satu waktu

Ketika seseorang mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, ada risiko hasilnya tidak optimal atau ada hal lain yang harus dikorbankan.
 
Agar Anda tidak merasa lelah yang berlebihan, Anda perlu mengelolanya dengan membuat target yang terjangkau dan realistis, mengutamakan menolong dan menguatkan diri sendiri sebelum melakukan untuk orang lain, serta buatlah skala prioritas mana yang paling penting untuk dikerjakan. Dengan mengelolanya dengan baik, Anda tidak akan lagi merasakan kelelahan yang berlebihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro