Diabetes/boldsky.com
Health

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Diabetes Usai Vaksin Covid-19

Janlika Putri Indah Sari
Rabu, 4 Agustus 2021 - 10:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pengidap diabetes harus melakukan vaksinasi untuk mengurangi risiko mengembangkan komplikasi terkait Covid-19,” kata Dr Anil Reddy, RS Lord, Tadipatri, Anantapur.

Penderita diabetes rentan alami peningkatan risiko komplikasi saat positif Covid-19. Maka dari itu mereka harus mendapatkan vaksinasi.

Namun, bayang-bayang efek samping vaksinasi sering menghantui.

Dilansir dari indianexpress, Rabu (4/8/2021) spesialis diabetes senior, RS Lord, Tadipatri, Anantapur, Dr Anil Reddy menambahkan bahwa mereka dapat memperhatikan beberapa hal yang akan membantu mengelola efek apa pun setelah suntikan.

"Penting sekali untuk memerhatikan pola makan yang seimbang bagi penderita diabetes, terutama setelah melakukan vaksinasi Covid-19," sarannya.

Hal itu akan membantu menjaga kadar glukosa darah tetap stabil. Selain itu, pola makan memainkan peran penting dalam membangun kekebalan tubuh.

Penderita diabetes yang baru saja vaksinasi Covid-19 harus memasukkan makanan yang meningkatkan kekebalan dan memiliki sifat anti-inflamasi dalam makanan mereka.

Berikut makanan yang cocok di penderita diabetes setelah suntik vaksin Covid-19 :

1. Ikan

Ikan kaya akan lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kekebalan. Juga, ikan membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan perasaan sehat secara keseluruhan.

2. Telur

Telur adalah sumber protein yang kaya yang membantu membangun kekebalan. Telur juga mengandung asam amino esensial yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Ayam

Kita semua tahu manfaat anti-inflamasi sup ayam, dan bagaimana sup ayam membantu setelah vaksinasi atau sakit. Daging ayam memiliki kandungan lemak yang minim, sehingga cocok untuk penderita diabetes dan hipertensi. Selain itu, sebagai sumber protein yang kaya, ayam dapat dikonsumsi dua hingga tiga kali seminggu setelah vaksinasi.

4. Buah dan sayur

Buah-buahan dan sayuran Buah-buahan dan sayuran kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin yang membantu memperkuat kekebalan.

5. Kunyit

Kunyit kaya akan kurkumin yang baik untuk kesehatan dan membantu mencegah stres pada manusia. Orang biasanya rentan stres sebelum atau sesudah vaksinasi. Minum susu kunyit atau susu emas dapat mengurangi stres dan membantu meningkatkan kekebalan.

Selain makanan, penderita diabetes yang baru saja divaksinasi harus memastikan bahwa mereka terhidrasi dengan baik. Penderita diabetes harus mengonsumsi banyak cairan seperti buttermilk dan jus buah segar.

Hal itu untuk menghindari efek samping umum dari vaksin Covid-19 seperti demam, nyeri di lengan, lemas, dan nyeri sendi. Jika seseorang mengalami demam atau sakit parah, mereka dapat memeriksakan diri ke dokter dan minum obat seperti yang disarankan oleh dokter untuk meredakan gejala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro