Ilustrasi pasien yang terinfeksi Covid-19 mengalami sesak napas saat isolasi mandiri di rumah/Freepik.com
Health

11 Hal yang Harus Diperhatikan Penderita Komorbid saat Pandemi

Rika Anggraeni
Selasa, 10 Agustus 2021 - 16:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seseorang dengan penyakit penyerta atau komorbid mungkin memiliki kekebalan yang lebih lemah dan masalah lain tergantung pada kondisi yang dideritanya. Simak 11 hal yang harus diperhatikan penderita komorbid selama pandemi Covid-19

Penyakit penyerta dapat berupa tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, penyakit pernapasan, gangguan autoimun, dan masih banyak lagi. Seseorang dengan penyakit penyerta memiliki risiko lebih tinggi mengalami gejala dan komplikasi serius akibat Covid-19. Ketika mereka telah terpapar Covid-19, maka siklus penularan virus dapat berkembang dengan cepat dan parah.

Faktor risiko Covid-19 seperti penyakit paru-paru sebelumnya dan penyakit penyerta lainnya harus dipantau dan diobati segera untuk menghindari komplikasi serius di masa depan. Penderita komorbid harus memiliki tindakan pencegahan karena mungkin memiliki prognosis yang buruk.

Sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat dan paling berhati-hati untuk menghindari tertular virus.

Melansir dari pharmeasy.in, Selasa (10/8/2021), berikut 11 hal yang harus diperhatikan penderita penyakit komorbid selama pandemi Covid-19:

1. Terapkan protokol kesehatan
Untuk menghindari risiko terkena Covid-19, penderita komorbid harus menerapkan perilaku yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, seperti memakai masker ganda (dobel masker), mencuci tangan, menjaga jarak, dan melakukan etika pernapasan.

2. Tingkatkan imunitas
Karena sistem kekebalan tubuh mungkin terganggu, langkah yang terbaik adalah meningkatkan sistem kekebalan Anda dengan beberapa tips sederhana, seperti makan-makanan sehat, menambahkan buah dan sayuran ke dalam makanan harian, serta menjaga hidrasi.

3. Konsultasi ke dokter
Tips berikutnya adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan pahami berbagai langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga diri tetap aman dan sehat di masa pandemi ini. Minum obat tepat waktu dan ikuti perawatan untuk penyakit yang mendasarinya sesuai dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro