Kacamata berembun saat pakai masker
Relationship

6 Cara Agar Kacamata Tidak Berembun Saat Pakai Masker

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 12 Agustus 2021 - 20:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Berkat Covid-19, semua orang sekarang sudah terbiasa memakai masker saat keluar rumah.

Meskipun mengenakan masker itu mudah, orang-orang berkacamata mungkin berhadapan dengan masalah menyebalkan yang tidak dialami orang lain. Saat memakai masker, kacamata mudah berkabut atau berembun.

Itu karena saat bernapas udara keluar dari sisi masker, dan napas hangat mengaburkan kacamata yang relatif dingin.

Untungnya, masih ada beberapa trik untuk mengatasi kacamata berkabut saat mengenakan masker.

Dilansir dari womensweekly, Kamis (12/8/2021) berikut 6 cara agar kacamata tidak berembun saat pakai masker :

1. Cuci dulu kacamata dengan air sabun

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 dalam jurnal medis, Annals of The Royal College of Surgeons of England, merekomendasikan mencuci kacamata dengan air sabun sebagai solusi untuk kacamata berkabut saat memakai masker.

Sebelum memakai masker, cuci kacamata dengan air sabun.

Kemudian biarkan mengering di udara atau mengeringkan lensa dengan tisu lembut sebelum memasangnya kembali.

Mencuci kacamata dengan air sabun akan menciptakan film surfaktan yang menyebabkan molekul air menyebar secara merata ke dalam lapisan transparan dapat membantu menjaga kacamata agar tidak berkabut.

Meskipun solusinya tidak instan, seseorang harus melakukannya berulang kali beberapa kali sehari.

2. Gunakan busa atau krim cukur

Busa dan krim cukur adalah trik mudah lainnya yang bisa Anda coba di rumah. Beri setetes busa atau krim cukur pria di rumah, letakkan di jari dan gosokkan pada lensa Anda.

Diamkan hingga mengering, lalu bersihkan dengan kain lembut atau kain pembersih microfiber agar tidak meninggalkan goresan pada kacamata.

3. Semprotan anti-kabut

Untuk solusi cepat, dapatkan semprotan anti-kabut yang biasa digunakan untuk berenang, menyelam, dan snorkeling untuk mencegah pengembunan yang dapat mengganggu aktivitas air. Konsep ini sangat mirip dengan cara kerja air sabun.

Pastikan bahan kimia dari semprotan telah dibersihkan dengan benar sebelum memakai kacamata kembali agar tidak menyebabkan iritasi pada mata.

4. Bahan alternatif untuk kawat hidung

Jika Anda membuat masker kain sendiri, selain menggunakan kawat tipis untuk mengamankan celah di antara hidung, pakai juga bahan alternatif yang tidak terlalu tipis seperti pengencang logam, aluminium foil yang dilipat memanjang, atau pembersih pipa.

5. Lipat bagian atas masker

Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo di Jepang menyarankan untuk melipat bagian atas masker sebelum memakainya untuk mencegah kondensasi pada kacamata.

Namun, metode ini dapat mengurangi area yang ditutupi oleh masker, dan mengurangi efektivitas pencegahan cairan pernapasan yang berpotensi menyebarkan virus corona dari pasien yang terinfeksi.

Atau, tip lain yang dibagikan oleh Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo adalah meletakkan selembar kertas tisu terlipat di mana kawat hidung berada. Ini akan membantu menyerap kelembapan yang keluar dari masker sebelum menyentuh permukaan lensa.

6. Kenakan kacamata lebih jauh dari wajah

Nicole Jochym, seorang mahasiswa sekolah kedokteran tahun ketiga di Cooper Medical School di Universitas Rowan menyarankan metode yang lebih sederhana dibandingkan dengan yang tercantum di atas.

Dia mengatakan kepada The Inquirer Philadelphia jik Anda mendorong kacamata ke depan di hidung sedikit, itu akan membantu menghindari memicu munculnya uap.

"Itu membuat lebih banyak jarak aliran udara antara wajah dan kacamata Anda."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro