Situs Google menampilkan doodle bertema HUT ke-76 Republik Indonesia
Fashion

Google Doodle ala Bhinneka Tunggal Ika, Spesial HUT ke-76 RI

Dinda Aulia Ramadhanty
Selasa, 17 Agustus 2021 - 09:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia, Google turut memeriahkan hari kemerdekaan dengan menampilkan Google Doodle edisi spesial.

Kali ini, Google dengan bekerja bersama Kathrin Honesta, seorang ilustrator yang merupakan sosok di balik doodle menggemaskan di situs Google pada Selasa (17/08/2021).

Hari Kemerdekaan Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan 17 Agustus, Google mengambil konsep multikultural serta kesolidan di dalam komunitas lokal. Hal tersebut sesuai dengan arti moto Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara dengan lebih dari 300 kelompok etnis dan memiliki keragaman bahasa. Pada 2021, kemerdekaan dimaknai dimana segala golongan masyarakat dan komunitas tetap kuat untuk saling melindungi satu sama lain. Sambil tetap merayakan kemerdekaan negara tercinta sesuai identitas masing-masing di rumah.

Membicarakan makna dari Google Doodle sendiri, setiap huruf memiliki dan mewakili karya seni yang menggambarkan unsur-unsur umum dalam perayaan Hari Kemerdekaan.

Sasando, alat musik pertama yang terlihat disisi paling kiri, merupakan harpa dengan sembilan senar, terbuat dari bambu dan daun lontar. Instrumen Sasando asli berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Beranjak menuju doodle yang mewakili huruf "O" pertama pada "Google". Baik instrumen yang dipegang serta objek manusia yang tampak sedang memainkan instrumen tersebut, merupakan instrumen musik Rebana.

Kemudian berpindah ke doodle topeng Hudoq, yang merupakan ciri khas dalam Hudoq, festival ungkapan syukur milik sub-etnis Dayak dari Kalimantan Timur.

Penari kipas Pakarena dari Sulawesi serta alat musik perkusi Tifa dari Maluku juga terpilih untuk mewakili hari Kemerdekaan Indonesia pada doodle karya Kathrin ini.

Serta alat musik terakhir yaitu Gambus atau Kecapi asal Sumatera, yang digambarkan dimainkan oleh seorang pria ini menjadi perwakilan huruf terakhir pada doodle. Yang membuatnya semakin menarik dan pelengkap dari doodle ini tentu masker batik dengan berbagai pola yang digunakan ketiga objek pada ilustrasi tersebut.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-76!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro