Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Kiat Tetap Bugar dan Sehat Meski Harus Bekerja Depan Komputer Seharian

Makan jauh di depan komputer memungkinkan untuk berkonsentrasi pada makanan. Itu akan memungkinkan makanan lebih terinformasi pada otak dan bergizi bagi tubuh.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 20 Agustus 2021  |  10:02 WIB
Ilustrasi - Sweat
Ilustrasi - Sweat

Bisnis.com, JAKARTA – Duduk sepanjang hari dapat menyebabkan risiko masalah kesehatan kronis seperti diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung.

Bekerja di depan komputer terlalu lama akan membuat tubuh tidak aktif bergerak, dan akibatnya berdampak pada kesehatan tubuh.

Terlalu lama duduk di depan komputer akan membuat ketegangan fisik dan mental. Tapi itu tidak berarti jadi alasan berhenti dan menghindari pekerjaan harian Anda.

Dilansir dari graziaindia, Jumat (20/8/2021) berikut cara tetap bugar dan sehat saat bekerja di depan komputer :

1. Pertahankan posisi duduk yang tepat

Memiliki posisi duduk yang tepat dapat membantu Anda merasa lebih baik. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan ketegangan otot dan sendi, serta kelelahan, dan nyeri punggung dan leher.

2. Pilih peralatan ergonomis

Gunakan peralatan ergonomis, seperti meja berdiri atau kursi dengan bantalan kursi yang cukup dan penyangga pinggang. Lakukanlah jika punya anggaran yang memadai.

Furnitur itu dapat membantu mempertahankan postur tubuh, serta dapat membantu menghindari rasa sakit dan penderitaan. Anda juga dapat menggunakan peralatan meja ergonomis untuk membantu pergelangan tangan seperti keyboard empuk dan alas mouse.

3. Beristirahatlah secara teratur.

Banyak otot akan mengencang jika duduk dalam posisi sama untuk waktu yang lama. Hal ini dapat mengakibatkan rasa sakit dan ketegangan, sehingga sulit untuk bergerak bahkan setelah menyelesaikan pekerjaan Anda. Untuk menghindarinya, cobalah untuk bangun setiap 20 hingga 30 menit agar tidak berada dalam posisi yang sama terlalu lama. Berjalan-jalanlah selama 5 sampai 10 menit, tarik napas dalam-dalam, atau lakukan peregangan ringan seperti pose anak-anak.

Jika latihan tersebut dilakukan secara teratur, akan membantu menghindari gaya hidup tidak aktif karena terlalu lama berkutat pada pekerjaan di depan meja komputer.

Tidak ada salahnya istirahat sejenak karena bermanfaat bagi otak. Istirahat sejenak akan memungkinkan untuk mengisi bahan bakar dan memulihkan diri, memungkinkan untuk kembali semangat bekerja.

4. Peregangan

Peregangan sangat penting untuk menjaga otot tetap lentur dan sehat sepanjang hari. Untuk melonggarkan segalanya, cobalah beberapa peregangan di tempat duduk. Peregangan juga merupakan metode yang bagus untuk memperbarui pikiran Anda.

5. Jangan makan depan komputer

Saat disibukkan dengan pekerjaan, Anda pasti akan tergoda untuk makan siang di meja kerja. Namun, ada baiknya makan siang jauh dari layar untuk mengambil jeda secara teratur dari pekerjaan. Teknik ini dapat membantu untuk fokus menikmati setiap makanan.

Cara itu akan membantu Anda merasa lebih puas pada makanan. Saat makan di meja, Anda mungkin mengunyah tanpa menikmati makanan tersebut.

Makan jauh di depan komputer memungkinkan untuk berkonsentrasi pada makanan. Itu akan memungkinkan makanan lebih terinformasi pada otak dan bergizi bagi tubuh.


6. Minum banyak air juga.


Foto: MFineHydrate Yourself

Tetap terhidrasi adalah penting bahkan jika Anda duduk sepanjang hari. Kita kehilangan air melalui keringat, pernapasan, dan fungsi biologis reguler lainnya sepanjang hari. Dehidrasi menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan gangguan konsentrasi. Tetap terhidrasi akan menggantikan cairan yang hilang ini dan mencegah dehidrasi. Atur pengingat kalender jika tetap terhidrasi terasa merepotkan. Buat garis gawang menggunakan botol air yang dapat digunakan kembali. Anda tidak suka air biasa? Air kelapa atau smoothie yang diisi dengan buah dan sayuran yang menghidrasi, seperti seledri, mentimun, dan smoothie nanas, adalah pilihan yang baik.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

salah duduk Work From Home
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top