Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPPT Luncurkan 10 Produk Inovasi Kesehatan

Hasil penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi mengurangi ketergantungan impor.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 22 Agustus 2021  |  15:59 WIB
Kepala BPPT Hammam Riza.  - BPPT
Kepala BPPT Hammam Riza. - BPPT

Bisnis.com,JAKARTA- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi meluncurkan beberapa produk inovasi kesehatan yang berkaitan dengan Covid-19.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan pihaknya bersama mitra menghasilkan inovasi teknologi penanganan Covid-19 yang bisa langsung digunakan oleh masyarakat, tentunya dengan hasil karya produk anak bangsa.

“Pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran dan hikmah yang luar biasa bagi bangsa Indonesia. Penyebaran Covid-19 di seluruh dunia telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat dunia, baik ekonomi, sosial, politik, keamanan dan utamanya kesehatan,” ujarnya, Minggu (22/8/2021).

Hammam berujar sebagai bangsa dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta, Indonesia dituntut oleh situasi dan keadaan untuk segera berbenah memperkuat ketahanan nasional melalui kemandirian alat kesehatan. Ketergantungan yang sangat tinggi pada produk dan bahan baku dari impor harus segera diatasi. Penguasaan dan inovasi teknologi menjadi salah satu pilar utama yang perlu diprioritaskan.

Dia melanjutkan, kesepuluh produk inovasi TFRIC-19 Next Gen yang diluncurkan merupakan upaya BPPT dalam mengurangi substitusi impor dan menumbuhkan industri alat kesehatan dalam rangka menghela pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemanfaatan iptek.

Lebih jauh, Hammam menerangkan peluncuran produk inovasi ini merupakan output dari lima aksi TFRIC-19 Next Gen yang dilakukan selama 2021, di antaranya kajian keekonomian dan teknologi, inovasi alat kesehatan, inovasi suplemen kesehatan; penguatan data sain dan kecerdasan artifisial serta penguatan kerjasama, networking, dan publikasi media. 

Dia berharap upaya peluncuran produk inovasi TFRIC-19 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan turut membantu program pemerintah dalam melakukan 3T (testing, tracing, dan treatment). Adapun  10 produk hasil inovasi BPPT bersama mitra industri tersebut adalah :

1. B-Pro - Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen
2. Bahan baku RDT Antigen : N (nucleocapsid) & S (Spike) Monoclonal Antibody Sarcov-2
3. Kit Antibodi netralisasi
4. WHOLE BETA - produk suplemen kesehatan
5. STAMILIC - produk suplemen kesehatan
6. BISKUIT NG
7. Beras FORTI VIT
8. Purula - produk pangan cegah stunting
9. Dataset Senyawa Tanaman Obat
10. Buku rekomendasi Kajian Kebijakan Teknologi Covid-19
 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bppt
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top