Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hati-hati, Doyan Makan Lobak Bisa Berdampak Buruk

Jika tiroid tidak pernah berfungsi dengan baik, seseorang mungkin mengalami hal-hal seperti penurunan berat badan atau penambahan berat badan, kelelahan, dan kabut otak.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 23 Agustus 2021  |  13:51 WIB
Lobak - istimewa
Lobak - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Lobak adalah sayuran akar kecil yang bisa dijadikan berbagai olahan makanan. Nutrisi yang terkandung pada lobak dapat mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol. Satu studi bahkan menunjukkan ekstrak akar lobak memiliki sifat anti-kanker yang spesifik.

Meskipun sayuran tersebut padat nutrisi, namun lobak memiliki efek samping yang jarang diketahui, terutama ketika dimakan dalam bentuk mentah. Salah satu efek samping utama dari makan lobak mentah dapat mempengaruhi kesehatan tiroid.

Dilasnir dari eatthis, Senin (23/8/2021) hubungan utama antara lobak dan kesehatan tiroid adalah zat alami yang ditemukan dalam lobak yang disebut goitrogen. Goitrogen adalah sekelompok senyawa yang ditemukan dalam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, termasuk brokoli, kangkung, stroberi, dan produk kedelai tertentu.

Ketika makanan yang kaya goitrogen dimakan dalam bentuk mentah, bahan kimia goitrogen dilepaskan. Saat makan lobak mentah, seperti dicincang menjadi salad atau dicelupkan ke dalam hummus, saat itulah tubuh menelan goitrogen tersebut.

Tiroid sendiri menciptakan dua jenis hormon yang berbeda yaitu triiodothyronine (juga dikenal sebagai T3) dan tiroksin (T4). Kedua hormon tersebut penting dalam membantu mempertahankan metabolisme tubuh yang sehat.

Jika tiroid tidak pernah berfungsi dengan baik, seseorang mungkin mengalami hal-hal seperti penurunan berat badan atau penambahan berat badan, kelelahan, dan kabut otak.

Agar tiroid bekerja dengan baik, dibutuhkan yodium untuk menyerap dan mengubahnya menjadi hormon T3 dan T4. Dan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biochemistry & Pharmacology, goitrogen atau bahan kimia yang ditemukan dalam lobak diketahui dapat menghalangi proses yodium mencapai kelenjar tiroid. Dengan kata lain, lobak berpotensi mengganggu fungsi tiroid.

Penelitian itu juga menyebutkan bahwa jumlah goitrogen yang jauh lebih besar berpotensi menyebabkan pembesaran tiroid.

Jika Anda ingin mengkonsumsi lobak yang sehat, maka cara termudah untuk mengatasi masalah tiroid potensial ini adalah dengan memasak lobak tersebut. Menurut Journal of BMC Endocrine Disorders, proses memasak makanan goitrogenik menurunkan kemampuannya untuk mempengaruhi produksi hormon tiroid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sayuran tiroid
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top