Tips menjaga kesehatan otak/boldsky.com
Health

12 Cara Menjaga Otak Tetap Sehat dan Awet Muda

Ithamar Yaomi DC
Selasa, 24 Agustus 2021 - 20:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Otak manusia bisa mengalami perubahan seiring bertambahnya usia, konsumsi makanan, pola hidup, hingga perubahan fungsi mental.

Mengutip dari Health Harvard.edu, Selasa (24/8/2021) menjelaskan bahwa penurunan mental pada otak bisa saja terjadi. Kondisi ini paling ditakuti oleh setiap orang, karena penuaan.

Berikut adalah 12 cara yang dapat membantu menjaga fungsi otak.

  1. Lakukan stimulasi mental

Para ilmuwan menemukan bahwa aktivitas otak merangsang koneksi baru antara sel-sel saraf. Selain itu, aktivitas juga dapat membantu otak menghasilkan sel-sel baru.

Setiap aktivitas yang merangsang mental akan membantu membangun otak Anda. Membaca, mengikuti kursus, mencoba senam mental, seperti teka-teki kata atau soal matematika. 

Cobalah lakukan eksperimen dengan hal-hal yang memerlukan ketangkasan manual dan upaya mental, seperti menggambar, melukis, dan kerajinan lainnya.

  1. Lakukan latihan fisik

Lakukan latihan yang melibatkan fisik (otot) untuk membantu pikiran Anda tetap sehat. Berolahraga secara teratur, dapat meningkatkan jumlah pembuluh darah kecil yang membawa darah kaya oksigen ke wilayah otak. Olahraga juga bisa memacu perkembangan sel saraf baru dan meningkatkan koneksi antar sel otak (sinapsis). 

  1. Perbaiki pola makan

Nutrisi yang baik dapat membantu pikiran serta tubuh. Misalnya, orang yang mengonsumsi buah-buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, minyak tak jenuh (minyak zaitun) dan sumber protein nabati cenderung tidak mengalami gangguan kognitif dan demensia.

  1. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi di usia paruh baya akan meningkatkan risiko penurunan kognitif di usia tua. Gunakan gaya hidup sehat untuk menjaga tekanan darah yang stabil. Berolahraga secara teratur, kurangi stres, dan makan makanan yang dengan benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro