Antibodi monoklonal
Health

Terapi Antibodi Monoklonal untuk Covid: Cara Kerja, Efektivitas dan Biayanya

Ni Luh Anggela
Jumat, 27 Agustus 2021 - 20:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Permintaan untuk perawatan antibodi monoklonal melonjak, menyusul kasus Covid-19 di AS yang terus meningkat terutama di daerah dengan tingkat vaksinasi yang rendah.
 
Menurut Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA), pengobatan eksperimental ini menggunakan protein buatan laboratorium yang meniru kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan antigen berbahaya seperti virus SARS-CoV-2. Ini sangat berguna untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah yang mungkin tidak menghasilkan respons yang kuat terhadap vaksin Covid-19, dan untuk orang lain yang berisiko tinggi terkena penyakit parah.
 
Sementara antibodi monoklonal dapat mulai membersihkan virus corona dalam beberapa jam setelah dimasukkan secara intravena (IV) ke dalam tubuh, perawatan ini mungkin tidak berhasil untuk semua orang.
 
Itu sebabnya para ahli merekomendasikan agar orang mendapatkan vaksinasi lengkap terhadap Covid-19, yang diketahui dapat mencegah penyakit parah dan rawat inap karena penyakit tersebut.

Dikutip dari unkris.ac.id, antibodi monoklonal adalah antibodi monospesifik yang bisa mengikat satu epitop saja. Antibodi monoklonal ini bisa dihasilkan dengan teknik hibridoma. Sel hibridoma merupakan fusi sel dan sel.

Pembuatan sel hibridoma terdiri dari tiga tahap utama yaitu imunisasi, fusi, dan kloning. Imunisasi bisa diterapkan dengan imunisasi konvensional, imunisasi sekali suntik intralimpa, maupun imunisasi in vitro.

Fusi sel ini menghasilkan sel hibrid yang bisa menghasilkan antibodi seperti pada sel limpa dan bisa terus menerus dibiakan seperti sel myeloma. Frekuensi terjadinya fusi sel ini relatif rendah sehingga sel induk yang tidak merasakan fusi dihilangkan supaya sel hasil fusi bisa tumbuh.

Terapi Antibodi Monoklonal untuk Covid: Cara Kerja, Efektivitas dan Biayanya

Frekuensi fusi sel bisa digandakan dengan menggunakan Polietilen glikol (PEG), DMSO, dan penggunaan area listrik. PEG berfungsi untuk membuka membran sel sehingga mempermudah proses fusi.[2] Sel hibrid kemudian ditumbuhkan pada media pertumbuhan. Penambahan beragam jenis sistem pemberi makan bisa meningkatkan pertumbuhan sel hibridoma.

Rekomendasi 5 organisasi profesi dokter

5 organisasi profesi dokter di Indonesia juga telah memberikan rekomendasi pada antibodi monokonal sebagai terapi tambahan untuk pasien covid-19 gejala berat. 

Kelima organisasi itu yakni Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Rekomendasi ini disampaikan dalam revisi protokol tatalaksana Covid-19 yang disusun oleh pada tanggal 14 Juli 2021.

Dalam surat itu, mereka merekomendasikan obat antibodi monoklonal untuk pasien covid-19 gejala berat.

Antibodi monoklonal adalah protein yang dibuat di laboratorium dan memiliki kemampuan untuk meniru kerja sistem imun dalam melawan antigen berbahaya seperti virus. Penggunaan antibodi monoklonal umumnya ada Covid-19 derajat ringan sampai sedang.

Adapun beberapa antibodi monoklonal yang dianjurkan adalah sebagai berikut.

(1) Bamlanivimab 700 mg + etesevimab 1.400 mg

(2) Casirivimab 1.200 mg + imdevimab 1.200 mg.

(3) Sotrovimab 500 mg dosis tunggal diberikan secara intravena untuk Covid-19 derajat ringan dan sedang pada dewasa dan anak usia > 12 tahun dengan berat badan minimal 40 kg dan tidak direkomendasikan untuk Covid-19 yang dirawat inap atau yang membutuhkan terapi oksigen.

(4) Vilobelimab yang sedang dilakukan uji klinis

(5) Regdanvimab 40 mg/kgBB secara intravena, diberikan segera setelah terdiagnosis tidak lebih dari 7 hari sejak onset gejala. Regdanvimab direkomendasikan untuk pasien Covid-19 dewasa yang tidak memerlukan oksigen atau yang berisiko tinggi menjadi berat.

Terapi Antibodi Monoklonal untuk Covid: Cara Kerja, Efektivitas dan Biayanya

Cara Kerja Antibodi Monoklonal

Melansir Healthline, Jumat (27/8/2021), antibodi monoklonal merupakan protein yang diproduksi di laboratorium yang berfungsi seperti antibodi yang dibuat oleh sistem kekebalan sebagai respons terhadap infeksi. Dengan mengikat molekul tertentu pada virus atau bakteri yang dikenal sebagai antigen, antibodi monoklonal dapat meningkatkan atau memulihkan respons imun terhadap patogen ini.
 
Perawatan antibodi monoklonal telah digunakan dan diuji untuk virus Ebola dan virus pernapasan (RSV), serta penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis, multiple sclerosis, penyakit radang usus, dan banyak lagi. Para ilmuwan juga mengembangkan antibodi monoklonal yang menargetkan sel kanker.
 
Para ilmuwan terkadang mengembangkan antibodi monoklonal dengan mengisolasi sel kekebalan tertentu yang disebut sel B, dari seseorang yang telah berhasil pulih dari infeksi.
 
“Dengan Covid-19, kami melihat orang-orang yang memiliki respons antibodi yang baik terhadap virus dan memilih antibodi terbaik yang mereka buat,” kata Robert Carnahan, PhD, direktur asosiasi Vanderbilt Vaccine Center di Tennessee.
 
Para ilmuwan menggunakan sel B terisolasi untuk menciptakan kembali antibodi monoklonal di laboratorium. Ini dapat diproduksi secara massal dan diberikan kepada orang-orang melalui infus.
 
Antibodi monoklonal menargetkan antigen spesifik pada virus atau bakteri. Jadi pengobatan ini berbeda dari plasma konvalesen, yang mengandung banyak antibodi yang menargetkan antigen yang berbeda. Sebagian besar antibodi monoklonal yang dikembangkan untuk mengobati Covid-19 menargetkan protein lonjakan, yang digunakan virus corona (SARS-CoV-2) untuk memasuki sel inang. Dengan mengikat protein spike, antibodi monoklonal dapat membantu mencegah virus menginfeksi sel manusia.
 
Penelitian menunjukkan bahwa antibodi monoklonal tertentu dapat mengurangi risiko rawat inap dan kematian pada orang dengan Covid-19 tanpa gejala atau ringan. Para ilmuwan juga melihat apakah perawatan ini dapat mengurangi risiko seseorang dengan Covid-19 menularkan virus ke orang lain di rumah mereka.
 
Siapa yang Bisa Mendapatkan Pengobatan Antibodi Monoklonal?
Beberapa antibodi monoklonal telah menerima persetujuan darurat dari FDA:
- REGEN-COV. Koktail obat ini mengandung dua antibodi monoklonal, casirivimab dan imdevimab. Ini disetujui untuk orang di atas usia 12 tahun.
- Sotrovimab. Obat ini diizinkan untuk orang dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun.
- Bamlanivimab/etesevimab. Pada bulan Juni, pemerintah AS menghentikan distribusi dua antibodi monoklonal ini karena tes menunjukkan bahwa mereka tidak bekerja melawan varian Beta dan Gamma dari virus corona. FDA merekomendasikan agar profesional kesehatan menggunakan antibodi monoklonal lain sebagai gantinya.
 
FDA juga telah memberikan persetujuan darurat kepada Actemra (tocilizumab) untuk pengobatan Covid-19 pada orang dewasa dan anak-anak berusia 2 tahun ke atas yang dirawat di rumah sakit. Antibodi monoklonal ini mengurangi peradangan yang terjadi selama Covid-19.
 
Semua antibodi monoklonal ini menerima persetujuan darurat untuk pengobatan Covid-19 ringan hingga sedang pada orang berusia 12 tahun atau lebih yang dites positif virus corona dan berisiko tinggi terkena Covid-19 parah.

Terapi Antibodi Monoklonal untuk Covid: Cara Kerja, Efektivitas dan Biayanya

 
Ini termasuk orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, orang dewasa yang lebih tua, orang hamil, dan mereka yang mengalami obesitas, diabetes, atau penyakit kronis lainnya.
 
Sementara antibodi monoklonal dapat mengurangi risiko penyakit parah pada orang-orang ini, vaksinasi penuh juga penting.
 
Orang yang divaksinasi dan tidak divaksinasi yang memenuhi kriteria ini memenuhi syarat untuk menerima perawatan ini. Perawatan antibodi monoklonal umumnya diberikan dalam waktu 10 hari setelah tes Covid-19 positif.
 
Koktail antibodi Regeneron juga memiliki persetujuan darurat untuk digunakan pada orang yang berisiko tinggi terkena Covid-19 parah yang terpapar virus corona, tetapi belum dites positif atau mengalami gejala.
 
Ini berguna dalam situasi di mana orang yang tidak divaksinasi terpapar Covid-19.
 
Dengan vaksin mRNA dua dosis, perlindungan penuh tidak terjadi sampai 2 minggu setelah menerima dosis kedua. Pada saat itu, orang mungkin sudah sakit parah.
 
Tak lama setelah terpapar virus, “vaksin mungkin tidak akan bermanfaat bagi seseorang. Itu tidak akan segera berlaku bagi orang tersebut untuk dilindungi, ”kata Carnahan. “Sedangkan dengan antibodi, perlindungan tersedia dalam hitungan menit hingga jam.”
 
Biaya Pengobatan Antibodi Monoklonal

Biaya koktail dua obat Regeneron adalah US$ 1.250 (sekitar Rp18 juta) per infus, menurut Kaiser Health News. Biaya antibodi monoklonal GSK dan Vir sekitar US$2.100 (sekitar Rp30 juta) per infus. Ini dicakup oleh kombinasi pembayaran pemerintah, penggantian biaya, dan program copay GSK, lapor USA Today.
 
Namun, beberapa pusat infus mungkin membebankan biaya perawatan. Ini ditanggung oleh Medicare, Medicaid, dan sebagian besar asuransi kesehatan swasta, meskipun beberapa paket mungkin mengenakan biaya copay.
 
Untuk menerima pengobatan antibodi monoklonal, Anda harus dinyatakan positif Covid-19 dalam 10 hari terakhir. Anda juga akan memerlukan rujukan dari profesional kesehatan. Jika Anda mencari pengobatan setelah terpapar virus – dan sebelum tes atau gejala positif – bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan Anda.
 
Perawatan antibodi monoklonal ditawarkan di lokasi rawat jalan, rumah sakit, pusat perawatan darurat, dan beberapa kantor dokter di seluruh negeri. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan A.S. memiliki pencari lokasi infus di situs webnya.
 
Meskipun banyak pusat infus meningkat di seluruh negeri, para ahli menekankan bahwa pengobatan antibodi monoklonal bukanlah pengganti vaksinasi Covid-19.
 
“Karena kemudahan pengiriman dan biaya rendah, vaksin akan melebihi antibodi (monoklonal) dalam banyak situasi,” kata Carnahan. “Makanya semua orang harus divaksinasi. Vaksin akan memberikan – kami berharap – kekebalan jangka panjang yang tahan lama dalam format yang mudah didistribusikan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro